Umur Panen Cabai yang Tepat

Pertanianku— Cabai yang ditanam di dataran rendah akan lebih cepat dipanen dibanding cabai yang berada di dataran tinggi. Hal ini karena intensitas cahaya matahari di dataran rendah lebih tinggi dibandingkan dataran tinggi. Saat ingin panen cabai, Anda perlu mengetahui umur tanaman yang tepat untuk dipanen. Pasalnya, cabai tidak bisa dipanen terlalu cepat atau bahkan terlalu lama.

panen cabai
foto: Pertanianku

Cabai merupakan buah klimaterik, yaitu buah yang dapat mengalami proses pemasakan buah meskipun sudah dipanen. Hal tersebut karena masih terjadi proses respirasi, transpirasi, dan fotosintesis.

Untuk tujuan pasar yang jauh, sebaiknya cabai dipanen ketika tingkat kematangan buah baru mencapai 70 persen. Saat itu, buah masih berwarna merah hitam. Hal ini berguna untuk mencegah cabai busuk ketika sampai di tempat tujuan. Apabila cabai dipanen pada tingkat kematangan tersebut, cabai akan matang sempurna ketika sampai di tempat tujuan.

Umumnya, cabai yang dipanen saat masih 70 persen akan matang sempurna setelah 3—4 hari kemudian.

Cabai besar biasanya dipanen saat tingkat kemasakannya mencapai 80 persen untuk didistribusikan ke pasar lokal. Sementara itu, cabai yang dipanen ketika tingkat kemasakannya mencapai 70 persen diperuntukkan ekspor.

Anda harus mengetahui dengan pasti tingkat kematangan buah cabai. Pasalnya, buah cabai yang terlalu muda ketika dipanen akan cepat layu, bobotnya lebih ringan, tidak tahan lama, dan cepat membusuk karena kadar airnya tinggi. Namun, panen buah cabai muda bisa dilakukan bila memang ada permintaan, seperti permintaan cabai hijau.

Sementara itu, buah cabai yang dipanen ketika sudah terlalu tua juga tidak baik. Buah cabai akan cepat busuk karena sudah kelewat matang ketika sampai di tangan konsumen. Buah cabai yang sudah tua biasanya akan berwarna merah seluruhnya. Namun, cabai yang sudah tua masih bisa diperpanjang masa simpannya selama 1—2 hari dengan penyimpanan di suhu 4—5°C.

Baca Juga:  Trik Jitu Membuat Tanaman Cabai di Pot Rajin Berbuah

Waktu terbaik untuk panen cabai adalah pagi hari sebelum pukul 09:00. Pada saat itu embun belum menguap karena sinar matahari sehingga bobot cabai lebih optimal. Selain itu, buah cabai juga belum terkontaminasi oleh organisme yang dapat menyebabkan buah cepat membusuk.