Umur Panen Jenis Sayuran

Pertanianku — Saat bertanam sayuran, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan waktu panen dan cara panen yang akan digunakan. Penentuan umur panen sayur sangat berkaitan dengan kualitas sayuran yang didapat. Pasalnya, ada beberapa jenis sayuran yang tidak bisa dipanen lebih cepat dari waktunya ataupun terlambat dipanen.

umur panen sayur
foto: pixabay

Sayuran yang terlalu cepat dipanen bisa menghasilkan rasa pahit ketika dimasak. Sementara itu, sayuran yang terlambat dipanen pun akan menjadi terlalu keras. Sebenarnya, waktu panen dapat diketahui dari ciri-ciri fisik jenis sayurannya. Berikut ini umur panen jenis sayuran yang tepat.

Bawang bombai

Bawang bombai umumnya dipanen setelah berumur 4–5 bulan. Tanaman yang sudah siap dipanen akan memiliki daun yang terlihat menguning, umbi lapis terlihat padat berisi dan sebagian muncul di permukaan tanah, serta warna kulit umbi mengilap.

Bayam

Bayam sudah dapat dipanen setelah berumur 1–1,5 bulan. Cirinya, tinggi tanaman antara 15–20 cm dan belum berbunga.

Kangkung

Kangkung sudah bisa dipanen setelah berumur 1–1,5 bulan. Cirinya, ukuran batang mencapai 15–20 cm dan dari semua percabangannya sudah muncul daun.

Sawi hijau

Umur panen sawi hijau adalah 2 bulan setelah tanam. Cirinya, daun terbawahnya sudah menguning dan belum memasuki masa berbunga.

Seledri

Daun seledri dipanen setelah berumur 2–3 bulan. Cirinya, daun sudah berwarna hijau tua tetapi belum sampai layu dan daunnya menguning.

Terung

Terung bisa dipanen saat berumur 4 bulan. Cirinya, ukuran dan warna sudah sesuai dengan standar jenis terung. Misalnya, terung ungu sudah berwarna menjadi ungu tua.

Wortel

Umur panen wortel adalah setelah 3 bulan tanam. Cirinya, umbi wortel sudah mulai muncul ke permukaan tanah dan daunnya sudah mulai layu.

Baca Juga:  Potensi Budidaya Nilam Organik

Cabai rawit

Cabai rawit sudah dapat dipanen saat berumur 2,5–3 bulan. Cirinya, berwarna hijau terang serta berdinding keras/kaku dan tebal.

Bawang daun

Bawang daun dipanen saat berumur 2,5 bulan. Cirinya, daun sudah berbentuk bulat pannjang dan berlubang seperti pipa.

Bawang merah

Umur panen bawang merah adalah 3–3,5 bulan setelah tanam. Cirinya, 60–90% batang sudah lemas dan daunnya menguning, umbi lapis terlihat padat berisi dan sebagian muncul di permukaan tanah, serta warna kulit umbi memerah.