Umur yang Pas untuk Panen Cabai


PertaniankuPanen cabai merupakan masa yang dinantikan oleh petani. Pasalnya, panen sangat menentukan hasil jerih payah dalam bertani mulai dari penanaman hingga perawatan yang banyak menyita waktu, tenaga, dan dana.

Panen cabai
Foto: Pixabay

Untuk menghasilkan tanaman cabai yang optimal, Anda perlu melewati tahapan-tahapan yang baik dan benar saat menanam dan merawat tanaman cabai itu sendiri. Anda juga harus mengetahui ilmu mengenai penanganan hama dan penyakit agar hasil panen melimpah.

Setiap tanaman cabai yang dibudidayakan memiliki karakter berbeda-beda. Mereka bisa saja panen cepat atau lama tergantung varietas, keadaan lingkungan dan pemeliharaan yang Anda lakukan.

Tanaman cabai sangat bergantung pada Anda sebagai pemiliknya. Mereka bisa tumbuh subur dan berbuah lebat jika Anda membudidayakanya dengan baik dan benar. Begitu pula sebaliknya, tanaman cabai akan gagal panen jika Anda tidak bisa merawatnya.

Pada umumnya, umur cabai yang siap panen, yakni sekitar 3,5—4 bulan. Namun, bukan tidak mungkin Anda bisa mempersingkatnya. Untuk mempercepat waktu pemanenan, Anda harus melakukan perawatan yang tepat untuk tanaman Anda.

Untuk masa panen cabai, Anda bisa memperkirakannya dengan melihat secara fisik dari kematangan buah yang dihasilkannya. Faktor yang memengaruhi tanaman cabai siap dipanen sangat banyak dan hal itu sangat berkaitan.

Baca Juga:  Membuat Sendiri ZPT Organik Terbaik untuk Tanaman