Ungkap Rahasia Manfaat Biji Pala untuk Kesehatan


Pertanianku — Biji pala meskipun ukurannya kecil, kandungan nutrisi di dalamnya sangat menakjubkan. Manfaat biji pala bagi kesehatan ataupun kecantikan juga cukup banyak. Biji pala kerap digunakan sebagai rempah dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Menambahkan sedikit saja pala akan menambah aroma dan meningkatkan cita rasa dari sebuah masakan.

Manfaat biji pala
Foto: Pixabay

Sejumlah kandungan bermanfaat di dalamnya antara lain potasium, zat besi, mangan, tiamin, folat, magnesium, tembaga, dan vitamin termasuk B1, B6, dan lainnya. Biji pala juga kaya akan kandungan karminatif, stimulan, anti-oksidan, antimikroba, anti-inflamasi, antispasmodik, psikoaktif, dan afrodisiak. Biji pala juga sangat gampang digunakan untuk pengobatan alami seperti berikut ini.

  1. Meredakan nyeri sendi dan otot

Biji pala mengandung banyak minyak atsiri esensial yang memiliki sifat anti-inflamasi seperti myristicin, elemicin, dan eugenol. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk mengobati nyeri sendi dan otot.

Untuk meringankan nyeri sendi dan otot, campurkan sedikit minyak pala dengan minyak lain seperti zaitun, lalu oleskan pada area yang sakit beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan rempah biji pala dalam masakan untuk membantu meredakan nyeri.

  1. Mengobati jerawat

Ada juga manfaat pala untuk menyembuhkan jerawat, salah satu masalah kulit yang menyebalkan. Kemampuan anti-oksidan alaminya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang penting dalam menjaga kulit bebas dari jerawat. Biji pala juga dapat membantu mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit akibat jerawat. Selain itu, dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan luka bekas jerawat.

Buatlah salep dengan mencampurkan bubuk pala dan madu murni dengan jumlah yang sama. Oleskan ke area jerawat, diamkan sampai 20 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa hari.

  1. Melancarkan pencernaan
Baca Juga:  Ini Keuntungan Digitalisasi Pertanian Bagi Petani

Biji pala juga bagus untuk sistem pencernaan. Manfaat biji pala baik untuk meringankan mual, muntah, gangguan pencernaan, kembung, gas, diare, dan juga gejala-gejala penyakit Crohn. Pala membantu meningkatkan sekresi cairan lambung dan usus sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan. Sewaktu menderita masalah pencernaan, cobalah tambahkan sejumput bubuk pala ke dalam sup atau masakan berkuah lainnya.

  1. Mencegah kerusakan dan lubang gigi

Karena memiliki sifat antibakteri, biji pala mampu secara efektif membunuh bakteri berbahaya di dalam mulut untuk membantu mencegah kerusakan dan lubang pada gigi. Pala juga efektif mencegah dan mengatasi bau mulut, yang biasanya disebabkan oleh penumpukan bakteri di dalam mulut.

Parut beberapa biji pala dan campurkan sedikit minyak oregano. Gunakan ini untuk menyikat gigi beberapa kali dalam seminggu. Untuk mengatasi bau mulut, tuangkan beberapa tetes minyak pala ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

  1. Mengoptimalkan kekebalan tubuh

Biji pala bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan mineral serta vitamin di dalamnya yang memperkuat manfaat anti-oksidannya. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang melemahkan kekebalan tubuh.

Biji pala juga kaya akan potasium, zat besi, dan mangan yang berperan penting dalam memperbaiki kekebalan tubuh. Tambahkan sedikit biji pala ke dalam susu, teh, atau sup yang dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat.

loading...
loading...