Unik! Aneka Olahan Sorgum oleh Sorghum Foods

Pertanianku — Sorgum memang belum familier bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun, bahan pangan yang banyak dikonsumsi di Asia Selatan dan Afrika sub-Sahara ini mulai digemari masyarakat Indonesia dalam berbagai bentuk olahan. PT Sedana Panen Sejahtera dengan merek dagang Sorghum Foods ikut memamerkan olahan sorgum di event INAGriTech 2019 yang berlangsung pada 28—30 Agustus 2019 lalu, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Gula sorgum

INAGriTech 2019
Foto: instagram sorghumfoods

Proses pembuatan gula sorgum hampir mirip dengan gula tebu. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah bagian batang sorgum. Gula ini memiliki tingkat kemanisan yang lebih rendah dibanding gula pasir biasa. Namun, gula sorgum masih lebih manis daripada gula kelapa.

Loading...

Gula sorgum bermerek Sorghum Foods memiliki beberapa manfaat antara lain dapat mengurangi risiko diabetik, meningkatkan kinerja jantung dan pencernaan, serta memperbaiki fungsi pembuluh darah. Selain itu, gula sorgum ini juga baik untuk mencegah osteoporosis, astritis, dan menjaga fungsi tulang.

Beras sorgum

INAGriTech 2019
Foto: instagram sorghumfoods

Ada dua jenis beras yang diproduksi oleh PT Sedana Panen Sejahtera, yaitu beras merah dan beras putih. Kedua jenis beras ini berasal dari biji sorgum yang diolah hingga berbentuk menyerupai beras. Tak hanya dari segi kenampakan, rasa beras sorgum pun mirip dengan beras pada umumnya. Oleh karena itu, beras ini bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Manfaat beras sorgum adalah dapat mengurangi risiko diabetik, meningkatkan kinerja fungsi jantung, pencernaan, dan pembuluh darah, serta dapat mencegah stroke. Selain itu, beras sorgum juga dapat menjaga fungsi tulang sehingga tidak rawan terkena osteoporosis dan arthritis.

Kecap sorgum

INAGriTech 2019
Foto: instagram sorghumfoods

Ada dua jenis kecap sorgum yang dipasarkan dengan merek dagang Sorghum Foods ini, yaitu kecap manis dan kecap premium. Perbedaannya terdapat pada bahan baku yang digunakan. Kecap manis berbahan baku biji sorgum, nektar sorgum, gula kelapa, air, garam, dan rempah-rempah. Sementara, kecap premium tidak menggunakan gula kelapa sama sekali.

Kecap sorgum aman dikonsumsi bagi penderita alergi kedelai karena tanpa menggunakan bahan baku kedelai sama sekali. Selain itu, rasanya juga mirip dengan kecap yang dijual di pasaran.

Nektar sorgum

INAGriTech 2019
Foto: instagram sorghumfoods

Nektar sorgum terbuat dari sweet sorghum alami dan bukan merupakan hasil modifikasi genetik atau GMO. Penggunaan nektar sendiri hampir sama seperti madu, yakni bisa diminum langsung ataupun sebagai campuran makanan dan minuman. Nektar sorgum mengandung mineral fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, makanan ini juga rendah glikemik sehingga baik bagi penderita diabetes.

Loading...
Loading...