Unik dan Kreatif, Mantel dari Kulit Jagung


Pertanianku – Setelah sebelumnya kulit jagung dapat diolah menjadi plastik, kini inovasi yang dibuat dari kulit jagung semakin beragam. Kulit jagung juga bisa diolah jadi produk serat mantel.

Foto: pixabay

Hasil penelitian Balai Besar Tekstil Kementerian Perindustrian menyebutkan jika limbah tanaman jagung yang mengandung serat tinggi itu bisa diolah menjadi bahan tekstil untuk keperluan desain interior dan pakaian.

Hasilnya sebuah mantel panjang yang terbuat dari anyaman kelobot warna krem dikombinasikan dengan tekstil berbahan dasar sabut kelapa warna cokelat tua, dipajang di sudut gerai pamer Balai Besar Tekstil Bandung di Plaza Industri Kementerian Perindustrian.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bahan tersebut berpotensi dikembangkan menjadi produk tekstil ramah lingkungan. Kelobot terbukti berkekuatan tinggi pada arah memanjang, tahan gesek, tidak berbau, tidak mudah terkontaminasi bakteri, dan daya serap airnya relatif rendah.

Bahan tersebut juga dapat dicelup pada zat warna reaktif dengan ketahanan luntur baik sehingga dapat digunakan sebagai pelengkap dalam desain permukaan untuk bahan baku tekstil.

Hasil uji kekuatan sobek, kekuatan tarik, daya serap air, ketahanan terhadap jamur dan selip jahitan dari lembaran “nonwoven” kelobot dengan bahan dasar kain tenun juga menunjukkan bahwa bahan tersebut memenuhi syarat untuk digunakan sebagai bahan baku mantel.

Hanya saja, mantel berbahan kelobot jagung dan sabut kelapa hasil riset dan desain Balai Besar Tekstil terlihat kurang nyaman dipakai karena kaku. Penelitian lebih lanjut tampaknya masih diperlukan untuk menghasilkan produk tekstil berbahan dasar kelobot jagung yang sempurna.

Baca Juga:  Mentan Tantang IPB Ciptakan Alat Sensor Tanah
loading...
loading...