Unik Es Krim dari Kulit Pisang


Pertanianku – Banyak orang belum mengetahui manfaat dan khasiat dari kulit pisang. Walaupun selama ini hanya dijadikan sampah, ternyata kulit pisang  kaya akan berbagai unsur gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor,  vitamin B dan C serta air. Kesemua unsur ini dapat bermanfaat sebagai sumber energi juga antibodi bagi tubuh manusia.

Unik Es Krim dari Kulit Pisang

Mahasiswi Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Sayyidah Sakinah Anggun Andania mampu menciptakan es krim dari kulit pisang. “Berawal dari adanya tugas kuliah rancangan usaha agribisnis berbasis komoditas pisang, lalu muncul ide membuat es krim dari kulit pisang,” tutur Sakinah.

Bersama  tiga rekannya, Anggun mulai mencari cara bagaimana membuat es krim dari kulit pisang yang nikmat namun tidak terasa pahit di lidah. Agar kulit pisang tidak terasa pahit, maka dalam pengolahannya kulit pisang terlebih dulu  harus dibersihkan dan direbus menggunakan air gula, bisa juga dengan merendam dengan air garam.

Tahap berikutnya  kulit pisang dihaluskan, diekstrak dan dicampur dengan adonan es krim lalu diberi berbagai macam rasa. “Pemilihan kulit pisang juga tidak bisa sembarangan. Kami menggunakan kulit yang masih segar, bersih dan tak bergetah,” jelas Anggun.

Dalam proses pembuatannya, Anggun mengaku mengalami beberapa kendala, seperti sulitnya mencari kulit pisang mengingat selama ini  tidak ada pengepul limbah dari buah pisang ini. “Untuk mendapatkan kulit pisang, kami biasanya mencari di penjual gorengan.”

Produk es krim kulit pisang tersebut  saat ini dijual dengan harga Rp 3.000 per cup nya dan tersedia dalam berbagai  variasi rasa seperti coklat, capucino, vanila dan stroberi. Bahan baku kulit pisang yang digunakan dalam hal ini dari jenis pisang candi yang banyak digunakan oleh pedagang pisang goreng.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...