Unik Ikan Asal Meksiko ini Memiliki Kaki dan Tanduk


Pertanianku – Spesies ikan berjenis albino axolotl yang berasal dari Meksiko dihadirkan dalam pameran reptil yang digelar di salah satu pusat perbelanjaan di Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Unik Ikan Asal Meksiko ini Memiliki Kaki dan Tanduk

Ikan yang satu ini menjadi daya tarik bagi pengunjung yang dibuat takjub dengan wujud ikan berkaki empat dan memiliki tanduk seperti naga ini. Pemilik Albino Axolotl, Budi Wonosasmito, mengatakan, ikan itu dijual seharga Rp 450 ribu rupiah hingga Rp. 1 juta rupiah per ekor.

“Keunikan ikan yang tergolong amfibi ini adalah kakinya bisa beregenerasi. Jika kaki atau ekornya patah atau putus, bisa kembali tumbuh dengan sempurna.” Untuk perawatannya sendiri, ikan ini tidak sulit. “Tentu yang diutamakan kebersihan air tawar yang terjaga dan makanannya berupa cacing harus tersedia,” ungkap Budi.

Axolotl merupakan salamander air yang eksotis dan unik. Hewan ini terkadang disebut juga sebagai “Mexican Walking Fish” sebab ikan ini  terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Panjang axolotl sendiri bisa mencapai 30 cm, tetapi rata-rata ukurannya hanya 15 cm. Warna tubuh mereka rata-rata hitam atau cokelat kekuningan dan ada juga yang memiliki gen albino dengan warna yang sangat lucu seperti merah muda. Hewan ini memiliki insang yang berada diluar tubuhnya. Insang akan tampak berada disamping kepalanya sehingga sepintas tampak seperti tanduk.

Selain itu, axolotl memiliki empat jari tangan di tiap tangan dan lima jari kaki di tiap kaki. Berbeda dengan salamander dan amfibi lain yang mengalami metamorfosis, axolotl tidak berganti kulit. Warna axolotl biasanya coklat gelap dengan bintik putih. Ada juga yang albino. Axolotl albino memiliki insang merah atau abu-abu. Pada axolotl albino, tulang belulangnya dapat dilihat di balik kulitnya. Untuk siklus hidupnya, axolotl dapat hidup 10 hingga 15 tahun dan dapat berkembang sampai sepanjang 60 cm.

Baca Juga:  Inilah Jenis-jenis Ikan Mas Koki yang Sering Diburu
loading...
loading...