Unik, Ikan Hiu Ternyata Memiliki Sifat Malu


Pertanianku – Tahukah Anda bahwa ikan hiu ternyata memiliki sifat malu seperti manusia? Mungkin sebagian dari Anda merasa ragu akan hal ini. Namun, ini terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Exeter yang meneliti beberapa jenis ikan hiu spesies cat shark atau bull shark yang ditempatkan pada tiga habitat buatan yang berbeda.

Seperti dilansir Daily Mail, dari penelitian itu diketahui bila ikan hiu cat shark dengan kepercayaan diri tinggi cenderung lebih ‘populer’ dan bergabung dalam kelompok. Di sisi lain, hiu-hiu yang mempunyai rasa malu tinggi akan cenderung hidup menyendiri. Hiu-hiu pemalu tersebut juga suka menyamarkan warna tubuh mereka dengan lingkungan sekitar agar lebih tidak terlihat, terutama oleh predator.

Para ahli biota laut berpendapat bila kepasifan dan sifat pemalu mereka adalah sebuah bentuk strategi untuk bertahan hidup. Sebab, berbeda dengan hiu aktif yang hidup dengan berkelompok, ikan hiu pemalu yang menerapkan pola hidup soliter lebih mudah terancam oleh predator. Oleh karena itu, mereka mengembangkan mekanisme pertahanan diri dengan bersembunyi di dasar kolam.

Di sepuluh populasi hiu yang diamati, perbedaan cara hidup antara hiu ‘pemberani’ dan hiu ‘pemalu’ dalam satu keluarga hiu cat shark diklaim menjadi tanda evolusi di masa depan. Evolusi tersebut dapat berdampak pada jumlah spesies cat shark yang sampai saat ini tercatat sebanyak 150 jenis.

Bukan tidak mungkin bila jumlah tersebut akan bertambah seiring perubahan cara hidup mereka. Atau, hal yang sebaliknya, saat jumlah spesies cat shark menurun akibat ketidakmampuan spesies-spesies cat shark pemalu dalam beradaptasi sehingga kerap menjadi mangsa ikan lain yang lebih besar. Mengingat ukuran dari spesies ini rata-rata di bawah satu meter.

Fenomena ikan hiu pemalu ini ternyata juga ditemukan pada spesies hiu lemon yang mendiami Lautan Bahama di Amerika Tengah. Hiu-hiu lemon pemalu diketahui hidup sendirian dan lebih berhati-hati dalam menjelajah lingkungan baru. Para ilmuwan kini masih berupaya melakukan penelitian terhadap spesies hiu lain agar bisa menyimpulkan bila kasus hiu pemalu dialami oleh semua jenis hiu.

loading...
loading...