Unik, Ikan ini Memiliki Gigi Seperti Manusia


Pertanianku – Pernahkan Anda melihat ikan yang memiliki gigi layaknya gigi manusia? Ternyata di Sngai Amazon dan dataran rendah Orinoco Amazona terdapat ikan yang memiliki gigi seperti yang dimiliki manusia, yakni ikan pacu.Unik, Ikan ini Memiliki Gigi Seperti ManusiaSebagian besar ikan ini hidup di Sungai Amazon dan dataran rendah Orinoco Amazonia. Ikan pacu juga dapat ditemukan di Papua New Guinea. Ikan ini sangat mirip dengan ikan piranha. Namun, ikan pacu adalah jenis ikan omnivora, tidak seperti ikan piranha yang karnivora.

Ikan pacu yang fisik luarnya seperti ikan bawal memiliki gigi yang menyerupai gigi manusia. Karena bersifat omnivore, dengan kecenderungan vegetatif atau menyukai buah dan tumbuhan sebagai makanan utamanya, itulah alasannya mengapa ikan tersebut memiliki gigi yang besar, lebar, dan tegak seperti halnya gigi manusia. Gigi-gigi yang besar tersebut akan digunakannya untuk meremukkan kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengambang di permukaan air. Namun, ikan ini juga terkadang memakan ikan-ikan lain.

Selain memiliki keunikan pada giginya, spesies ikan ini dilaporkan sering menggigit testis pria yang sedang berenang di sungai lantaran menganggapnya sebagai kacang-kacangan yang mengambang. Bahkan kasus tersebut sering terjadi di Papua Nugini, tempat ikan ini mendapat julukan sebagai “Ball Cutter” karena ikan tersebut telah mengebiri beberapa nelayan setempat yang sedang berburu ikan. Meski bukan termasuk ikan yang sangat agresif seperti halnya piranha, kekuatan rahang mereka bisa menjadi sangat membahayakan bagi manusia.

ikan pacu memang masih bebas diperjualbelikan di mana saja termasuk juga di Amerika Serikat. Ikan ini bisa dijumpai di hampir semua toko-toko akuarium dan memang mudah pemeliharaannya. Hanya saja, banyak pemelihara pacu yang tidak menyadari ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran panjang 1,5 meter yang membuat ikan ini terlalu besar untuk dipelihara di akuarium. Banyak pemilik ikan ini yang akhirnya membuang ikan-ikan pacu mereka di sungai atau danau terdekat, alhasil menyebabkan ikan pacu ini semakin mudah ditemukan di danau-danau.

Baca Juga:  Tren Minuman Herbal Datangkan Omzet Belasan Juta, Benarkah?
loading...
loading...