Unik, Menanam Kecambah dengan Wadah Origami


Pertanianku – Memanen kecambah sayuran seperti selada sebagai sumber nutrisi kini menjadi tren di mancanegara. Kecambah disebut microgreens. Microgreen adalah bibit sayuran dan rempah yang kini sedang dalam sorotan. Ia adalah sayuran yang sudah dipanen sebelum benar-benar menjadi sayuran dewasa, biasanya ketika berusia beberapa minggu setelah tumbuh.

Unik, Menanam Kecambah dengan Wadah Origami

Untuk menanam kecambah microgreens, Anda dapat membeli bibitnya di toko peralatan tanaman. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyebar bibit di atas tanah berkualitas baik. Setelah itu, siramlah sedikit air. Selain di tanah, kini ada inovasi baru menanam kecambah microgreens dalam wadah origami berbentuk lipatan kertas yang sangat menarik.

Dikutip dari laman bebeja, bahan wadah yang dipakai untuk menanam kecambah ini terbilang ramah lingkungan. Bahan ini pun tembus pandang sehingga si empunya dapat melihat langsung proses pertumbuhan benih hingga menjadi kecambah.

Media yang dipakai dalam wadah kecambah ini dapat berupa bubuk agar atau memakai kapas. Khusus media kapas, sumber nutrisi tanaman dapat berasal dari pupuk cair atau memakai air akuarium yang terintegrasi sebagai kesatuan sebuah sistem akuaponik.

Baca Juga:  Serat Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Baku Produksi Kertas