Unsur Hara yang Dibutuhkan Tanaman Kelapa Sawit Muda

PertaniankuTanaman kelapa sawit memerlukan unsur hara untuk dapat bertahan hidup dengan kondisi yang sangat baik seperti tanaman lainnya. Bukan hanya itu, kebutuhan unsur hara ini juga akan memengaruhi hasil dari kelapa sawit nantinya.

Tanaman kelapa sawit
Foto: Pixabay

Tanaman kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur hara akan terlihat rusak. Berikut ini merupakan unsur hara yang diperlukan dan gejala yang ditimbulkan akibat dari kekurangan unsur hara.

Magnesium


Loading...

Untuk ciri-ciri tanaman kelapa sawit yang mengalami kekurangan unsur hara magnesium, biasanya memiliki daun yang menguning. Penguningan tersebut biasanya paling banyak terjadi pada bagian daun yang masih muda. Jika ini semakin berlanjut, daun yang terdapat pada tanaman kelapa sawit akan mengalami kekeringan dan berakhir dengan kematian.

Fosfor

Selain itu, kekurangan unsur hara yang satu ini juga akan mengakibatkan daun pada tanaman kelapa sawit akan sangat mudah untuk memendek. Selain itu, batang dan juga tandan pada tanaman kelapa sawit juga tidak akan tumbuh besar, alias semakin mengecil. Oleh karena itu, untuk kebutuhan unsur hara yang satu ini harus dipenuhi, agar tidak terjadinya kerusakan pada tanaman kelapa sawit.

Boron

Jika daun pada tanaman kelapa sawit mulai mengeriting dan bagian ujung daun mulai memendek, itu artinya tanaman kelapa sawit mulai kekurangan unsur hara. Dengan begitu, kebutuhan unsur haranya harus segera dipenuhi.

Nitrogen

Bukan hanya itu, kekurangan unsur hara yang selanjutnya dapat menyebabkan daun pada tanaman kelapa sawit mengalami kekuningan dan pucat. Selain itu, daun tanaman kelapa sawit akan pendek dan mengeras.

Kalium

Untuk kalium ini sendiri, biasanya dapat mengakibatkan daun pada tanaman kelapa sawit akan mengalami bercak berwarna kuning. Bercak kuning ini hanya akan hilang apabila kebutuhan unsur hara sudah terpenuhi, khususnya kalium.

Baca Juga:  Bulog Buka Gudang Jagung Guna Serap Kelebihan Petani
Loading...
Loading...