Untung Berlipat Berkat Jalankan Usaha Ternak Ayam Poland


Pertanianku – Pasti Anda pernah mendengar atau pernah melihat ayam yang memiliki jambul hingga menutupi kedua sisi bagian kepalanya bukan? Tahukah Anda, ayam apakah itu? Ayam tersebut adalah ayam poland, beberapa orang menyebutnya ayam polish.

Mendengar dari namanya, mungkin banyak orang yang berpikir jika jenis ayam yang satu ini berasal dari negara Polandia. Padahal, ayam poland banyak ditemui di beberapa negara seperti Irak, Belanda, dan Prancis.

Ayam poland memiliki keunikan tersendiri sebagai unggas. Bulu ayam poland selalu terlihat rapi seperti habis disisir. Ciri khas ayam poland yang paling menonjol adalah jambul di kepalanya yang bisa ditata dengan beragam bentuk.

Bentuk jambulnya memang nyentrik. Ada yang berbulu panjang mirip rambut anak-anak metal, ada juga yang jambul keriting bahkan kribo. Saking uniknya, tidak sedikit kalangan selebriti dunia yang gaya rambutnya disamakan dengan jambul ayam poland.

Di Indonesia sendiri, ayam berjambul ini banyak dibudidayakan sebagai ayam hias yang harganya terbilang tak murah.

Salah satu pembudidaya ayam poland asal Magelang, Jawa Tengah, yakni Doni Saputra. Ia beternak ayam poland sejak empat tahun lalu dengan bendera usaha Doni Dewa Farm. Doni membudidayakan ayam poland di atas lahan seluas 20 meter persegi di pekarangan rumahnya.

Lahan untuk membiakkan ayamnya memang tidak terlalu besar, tetapi kandangnya cukup luas. Satu kandang berisi tiga ayam poland yang terdiri atas dua betina dan satu jantan. Total, Doni memiliki lebih dari 50 ekor ayam poland.

Untuk anakan ayam poland berusia 1—2 bulan, harganya dibanderol Rp75.000 per ekor. Sementara itu, indukannya berharga Rp800.000 per ekor. “Itu harga di tingkat peternak. Kalau sudah masuk reseller atau toko, harga indukan bisa Rp4 juta per pasang,” papar Doni.

Baca Juga:  Begini Caranya Atur Cahaya untuk Kandang Layer

Dalam sepekan, Doni mengaku bisa menjual 10—15 ekor anakan dan indukan ayam poland. Dari penjualan itu, Doni bisa meraup omzet Rp20 juta per bulan.

Pembudidaya ayam poland lainnya adalah El-Mahasvin asal Yogyakarta. Ia telah membudidayakan ayam poland sejak 2013. Dalam sebulan, El-Mahasvin mampu meraup tiga transaksi penjualan. Sekali transaksi, ia bisa menjual 20 ekor ayam. Jadi, El-Mahasvin bisa menjual 60 ekor per bulan.

Ia membanderol harga ayam poland Rp 800.000 per ekor dan Rp 1,5 juta per pasang. Omzet yang dipetik El-Mahasvin dari budidaya ayam poland bisa mencapai Rp48 juta per bulan.

Ayam poland yang memiliki jambul dan ekor ayam Poland yang cantik dan unik, harganya bisa melambung tinggi bahkan hingga tembus Rp10 juta per ekor.

loading...
loading...