Untung Berlipat Dari Bisnis Benih Ikan Konsumsi

Pertanianku – Mendapatkan untung yang berlipat merupakan tujuan dari sebuah usaha. Namun, masih banyak yang berpikir jenis usaha yang cocok diusahakan dan untuk meraihnya tentu saja bukan perkara mudah. Hal itu karena keuntungan bukan sesuatu yang datang secara instan, tetapi harus melalui beberapa proses dan perjuangan terlebih dahulu. Ada hal yang dikorbankan, baik waktu, tenaga, biaya, maupun pikiran.

Untung Berlipat Dari Bisnis Benih Ikan Konsumsi

Oleh karena itu, setiap orang yang ingin meraih keuntungan harus rela menjalaninya dengan gigih dan tekun. Sama seperti usaha lainnya, bisnis dalam perikanan juga membutuhkan modal berupa kegigihan dan ketekunan dalam menjalaninya, bahkan itu juga belum cukup. Dibutuhkan berbagai kiat lain yang sangat kuat untuk mendukungnya, salah satunya adalah kejelian dalam memilih komoditas. Hal itu karena tidak semua komoditas perikanan memiliki prospek yang cerah. Pemilihan komoditas harus ditentukan di awal sebelum bisnis berjalan.

Loading...

Untuk mengetahui lebih jauh tentang prospek dari masing-masing komoditas dapat dilihat dari tiga aspek. Ketiga aspek tersebut antara lain aspek teknis, aspek ekonomis, dan aspek sosial. Setiap komoditas yang akan dijadikan lahan bisnis harus dapat diproduksi dengan teknologi yang praktis, efektif, dan efisien. Dengan kata lain, bisnis tersebut mudah diterapkan, memberikan hasil yang maksimal, dan tidak membutuhkan biaya besar. Bila ketiga aspek tersebut  diterapkan, tidak mustahil keuntungan dapat diraih dalam jumlah besar.

Selain memilih komoditas, calon  pembudidaya juga harus pandai memilih tahapannya. Dalam usaha perikanan, ada dua tahap yang mungkin bisa dipilih, yaitu pembenihan dan pembesaran. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, bila dilihat dari segi ekonomis, pembenihan ternyata dapat memberi keuntungan yang cepat dan berlipat.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Benih Ikan Konsumsi

Baca Juga:  Ikan Terubuk Asal Riau, Ikan Konsumsi Primadona Indonesia
Loading...
Loading...