Untung Rugi Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Pertanianku — Bagi Anda yang ingin ternak ayam petelur dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, menghilangkan penggunaan kandang juga bisa jadi rekomendasi paling bagus untuk menghemat anggaran. Metode ini dikenal sebagai cara beternak dengan metode umbaran. Metode ini biasanya digunakan oleh masyarakat yang hidup di desa. Namun, metode ini tak menutup kemungkinan bagi mereka yang juga hidup di kota dengan lahan yang cukup.

ternak ayam petelur
Foto: Pixabay

Keuntungan ternak ayam petelur tanpa kandang

Bagi Anda yang baru kali ini mencoba ternak ayam petelur tanpa kandang, berikut keuntungan yang dapat Anda peroleh dari metode ini.

Loading...

1. Telur dan daging lebih sehat

Metode umbaran dapat menghasilkan daging dan telur yang lebih alami, serta bebas dari pengaruh pengawet ataupun zat suntik ayam. Hal itu karena cara berternak ayam masih bersifat alami dan kondisi ayam dalam keadaaan fit dan tidak stres sehingga telur yang dihasilkan juga akan lebih banyak, sehat, dan berkualitas.

2. Ayam petelur lebih lincah

Ayam petelur yang diternak tanpa kandang akan lebih leluasa menyesuaikan geraknya sehingga akan lebih lincah, sehat, dan produktif jika dibandingkan dengan ayam-ayam yang dikurung di dalam kandang khusus. Metode pencarian makanannya pun lebih leluasa. Biasanya mereka akan mengais tanah sendiri untuk mendapatkan makanan yang mereka mau. Dengan menunjukkan sifat alaminya ini, ayam akan lebih segar, sehat, dan terhindar dari stres.

3. Hemat pakan

Dengan mengumbar ayam, bisa dipastikan jika biaya untuk pakan yang akan Anda habiskan untuk kebutuhan ayam petelur ini akan menjadi lebih hemat. Secara otomatis, pengeluaran Anda untuk membeli pakan ayam dapat ditekan dan anggaran ternak ayam dapat dihemat.

Baca Juga:  Parasit Domba yang Merugikan

Kerugian ternak ayam petelur tanpa kandang

Terlepas dari keuntungan yang diberikan dari ternak ayam petelur tanpa kandang ini, terdapat pula kerugiannya. Salah satunya, timbulnya penyakit yang disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu.

Ketika cuaca tidak menentu, akan menyebabkan ayam memiliki daya tahan tubuh yang rendah yang berujung pada kematian induk ataupun anak ayam. Sementara, kita tahu bahwa penyebaran penyakit ayam memang sangat cepat sekali sehingga bisa saja menular ke sesama ayam peliharaan Anda.

Loading...
Loading...