Urban Farming ala Pinterest untuk Mempercantik Hunian


Pertanianku — Kegiatan urban farming menjadi tren saat ini. Konsep urban farming sendiri adalah memanfaatkan lahan tidur di perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian produktif untuk penghijauan.

urban farming
Foto: Pexels

Salah satu aplikasi bernama Pinterest mungkin bisa memudahkan Anda untuk bertani dengan cara modern. Aplikasi yang populer di kalangan anak muda ini memiliki tips urban farming untuk menciptakan taman fungsional, mudah, dan hemat biaya. Seperti apa? Yuk, simak urban farming ala Pinterest dikutip dari housebeautiful.com.

  1. Menumbuhkan di air

Belum banyak orang yang tahu ternyata ada beberapa jenis sayuran yang bisa ditumbuhkan ulang hanya dengan diletakkan di sebuah wadah berisi air. Jangan lupa untuk memotong bagian ujung bawahnya sekitar 1—2 inci sebelum direndam dalam air. Beberapa sayuran yang bisa tumbuh di dalam air di antaranya kubis cina, kubis, seledri, adas, daun bawang putih, daun bawang, serai, dan selada.

  1. Garam Inggris

Garam inggris ternyata bisa membantu membuat tanah di taman Anda menjadi lebih subur dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan magnesium dan sulfat yang sangat penting untuk tanaman. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Untuk tanaman dalam pot, campurkan beberapa sendok makan garam dan air dalam sebuah pot penyiram.

Sirami campuran air dan garam ini sekali atau dua kali sebulan. Anda juga bisa menaburinya secara langsung di tanah kebun.

Tanaman yang biasa ditanam dengan konsep urban farming adalah sayuran, baik sayuran daun maupun sayuran buah. Tomat dan paprika yang merupakan sayuran buah menyimpan manfaat terpenting bagi tubuh. Akan tetapi, mereka cenderung kekurangan magnesium. Dan, kebutuhan magnesium ini bisa didapat dari garam inggris yang ditaburkan di tanah.

  1. Membuat meja tanaman
Baca Juga:  Pengaruh Air Hujan Untuk Tanaman Hidroponik

Tanaman yang terhampar di bawah seringkali rawan oleh gangguan hewan peliharaan yang merusak atau mengotori taman Anda. Oleh karena itu, tanaman yang diletakkan di wadah tinggi seperti meja merupakan ide yang cemerlang. Cara membuatnya juga relatif sederhana, mirip seperti membuat meja biasa, namun ditambahkan sisi pembatas di sekelilingnya dan mulai menanam.

  1. Menanam vertikal

Pada dasarnya tanaman Anda bisa tumbuh di mana saja, termasuk di batako yang disusun berjenjang menyerupai anak tangga.

  1. Menyuburkan tanah tanpa kompos

Dibanding harus membeli tanah kompos, mengapa tidak membuatnya sendiri? Faktanya beberapa bahan dapur bisa dimanfaatkan sebagai penyubur tanah. Misalnya, remahan cangkang telur yang memberi kalsium untuk tanah Anda. Kopi bubuk yang berperan penting sebagai pupuk. Serta, kulit pisang yang bisa memicu perkembangan pesat mikro-organisme di tanah.