Usaha Budidaya Gaharu


Pertanianku –  Gaharu atau juga disebut garu merupakan hasil tanaman yang telah mendunia dimanfaatkan lintas benua, agama, dan budaya dari berbagai bangsa dunia. Gaharu mempunyai beberapa nama, seperti eaglewood (Amerika), aloeswood (Inggris), jinkoh (Jepang), dan oud (Arab). Komoditas hasil hutan ini banyak dicari dan diminati untuk wewangian, obat, dan upacara ritual keagamaan.

Usaha Budidaya Gaharu

Dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk dunia dan keperluan manusia, tentu saja akan membawa dampak yang signifikan terhadap kebutuhan gaharu. Kebutuhan akan gaharu dapat dikatakan berbanding lurus dengan pertambahan penduduk dunia. Namun, ketersediaan gaharu masih terbatas. Bahkan, ada kecenderungan penurunan pada produksi alamiah gaharu karena tidak dapat diprediksi keberadaannya di alam, baik jumlah atau jenis gaharunya tersebut.

Untuk memenuhi kebutuhan gaharu di pasaran, perlu mengembangkan produksi gaharu dengan kemajuan teknologi. Salah satunya dengan teknik manipulasi pada tanaman jenis tertentu untuk menghasilkan gaharu. Dengan demikian, usaha tersebut dapat mengurangi atau menekan ketergantungan pada hasil gaharu di alam

Usaha Budidaya Gaharu

Sumber: Buku Panduan Lengkap Gaharu

Baca Juga:  Sensasi Kopi Rasa Tembakau, Bagaimana Rasanya Ya?
loading...
loading...