Usaha Budidaya Rumput Laut Omzetnya Rp27 Juta per Bulan


Pertanianku – Seperti yang kita tahu rumput laut memang memiliki nilai ekonomis tinggi. Indonesia merupakan salah satu penghasil rumput laut dengan produksinya cukup melimpah. Hasil produksi rumput laut biasanya akan diekspor ke beberapa negara.

Seperti salah satu sentra budidaya rumput laut di Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur. Dalam sebulan, omzet yang didapatkan mencapai Rp27 juta. Dan jika terjadi peningkatan, omzet tersebut bisa lebih tinggi lagi.

Potensi budidaya rumput laut di Kota Balikpapan menjadi andalan sehingga pemerintah setempat menargetkan panen bisa mencapai 150 metrik ton per bulan. Sentra petani rumput laut di Kota Balikpapan banyak ditemukan di kawasan Balikpapan Timur, yakni kawasan Pantai Manggar hingga Pantai Lemaru dan Teritip.

Ketua Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya Mohammad Idris mengatakan, budidaya rumput laut di Desa Manggar, sudah berlangsung sejak 2007. Namun, budidaya rumput laut tersebut masih dilakukan dengan cara konvensional karena keterbatasan sarana prasarana sehingga hasilnya kurang maksimal.

“Kita inisiatif sendiri untuk belajar di Bantaeng Sulawesi. Setelah belajar, sudah ada yang coba. Setelah jadi saya laporkan ke kelurahan, untuk mengurus izin domisili usaha,” kata Idris.

Saat itu produksi rumput laut kelompok nelayan tersebut hanya 500 kg karena petani menjemur rumput laut di atas pasir. Proses penjemuran inilah yang menyebabkan panen tidak maksimal.

Namun, kondisi berubah sejak 2012, melalui upaya pengembangan masyarakat di sekitar daerah operasi PT Pertamina (Persero). Perusahaan minyak itu membantu membangun para-para atau tempat untuk menjemur rumput kepada Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya. Hasilnya, produksi lebih maksimal, mencapai dua hingga tiga ton per bulan.

“Bantuan para-para, telah mendorong peningkatan hasil panen rumput laut hingga 4 sampai 6 kali lipat,” ungkap Senior Supervisor Eksternal Relations Pertamina Marketing Operation Region VI, Andar Titi Lestari.

Baca Juga:  Menilik Potensi Anggur Laut

Seiring perjalanan waktu, Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya, terus mengembangkan pembuatan para-para. Kini luasnya mencapai 450 m². Dengan harga jual rumput laut basah berkualitas bagus berkisar Rp9.000 per kg, dalam sekali panen petani bisa mendapat tiga ton rumput laut basah atau senilai Rp27 juta.

Produksi rumput laut tak hanya dijual dalam bentuk kering ke para pengepul yang mendistribusikan ke sejumlah kota seperti Makassar atau Surabaya untuk bahan kosmetik. Para ibu rumah tangga yang tergabung dalam PKK membuat produk olahan rumput laut seperti kerupuk, jelly, dan kue.

loading...
loading...