Usaha Ikan Lele Ternyata dapat Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Pertanianku – Jika Anda berniat memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Itulah yang menjadi keunggulan dari usaha yang dirintis oleh Ahmad Fauzi salah seorang pemilik tambak ikan lele. Lahan kosong di sekitar pekarangan rumahnya tidak dibiarkan kosong dengan cara mengembangbiakan ikan lele. Fauzi tidak sendiri menjalankan usaha ini karena para tetangganya pun diajak menjalankan usaha serupa dengan tujuan kemajuan ekonomi masing-masing.

Usaha Tambak Ikan Lele Ternyata dapat Memanfaatkan Pekarangan Rumah

Latar belakang usaha yang dirintis Fauzi bermula dari melihat realita kondisi lingkungan di pedesaan, terutama di area tempat tinggalnya. Di daerah, rata–rata masyarakat memiliki lahan pekarangan rumah yang cukup luas dan tidak terpakai. Dari kondisi tersebut, dia berpikir bagaimana mencari solusi agar lahan pekarangan disamping rumah yang tidak terpakai tersebut menjadi lebih bisa dimanfaatkan agar bisa lebih bernilai ekonomis. Untuk itu Fauzi mencoba untuk memanfaatkan lahan tersebut menjadi kolam ikan air tawar. Ikan yang dibudidayakan tambak ikan lele.

Dengan adanya kolam tersebut maka lahan pekarangan yang semula tidak bernilai ekonomis,kini bisa menjadi lebih produktif. Pencapaian yang sudah Fauzi raih saat ini adalah dimana Fauzi memiliki 5 kolam ikan lele di pekarangan rumahnya. Dengan kolam tersebut Fauzi mampu menghasilkan pendapatan setiap bulannya. Pencapaian terbesarnya adalah dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar sehingga termotivasi untuk menjalankan bisnis serupa dengan memanfaatkan lahan yang semula tidak bernilai produktif.

Hal yang akan dia lakukan dalam mengangkat perekonomian daerahnya setelah bisnis ini berkembang adalah menciptakan dan melakukan kemitraan kerjasama operasional dengan warga sekitar. Di mana nantinya Fauzi akan mengajak kerjasama dengan masyarakat membangun tambak ikan lele. Pihak bermitra atau masyarakat akan diberi modal serta bimbingan dalam budidaya lele.

Baca Juga:  Cara Membuat Kerupuk Jamur