Usaha Pembesaran 4 Jenis Sapi yang Menguntungkan

Pertanianku — Usaha peternakan sapi masih menjanjikan dengan harga yang masih terbilang cukup tinggi. Bisnis pembesaran sapi merupakan lini usaha yang prospektif jika Anda memiliki ilmu serta wawasan yang luas untuk menjalankannya, mulai dari memilih bibit yang akan dibesarkan hingga cara pemasaran yang tepat. Apalagi, jika Anda sudah memiliki jaringan penjual, usaha akan berjalan semakin lancar.

pembesaran sapi
foto: pertanianku

Berikut ini usaha pembesaran sapi yang berpotensial untuk Anda kembangkan lebih lanjut.

Pembesaran sapi ongole

Loading...

Sapi ongole merupakan usaha yang sangat menarik untuk dilirik karena kebutuhan daging sapi ongole di pasaran terbilang cukup tinggi. Tidak hanya itu, harga daging sapi ongole cukup tinggi sehingga sangat menjanjikan untuk ditekuni.

Pembesaran dapat dilakukan dari pedet sapi ongole. Pembesaran dapat dilakukan dengan mudah di berbagai tempat karena sapi ini bisa dipelihara di dataran rendah hingga dataran tinggi. Kotoran sapi yang dihasilkan sebagai limbah pun bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kandang yang bernilai sehingga menambahkan pemasukan Anda.

Pembesaran dan penggemukan sapi bali

Sapi bali cukup dikenal di Pulau Jawa sebagai sapi potong berkualitas. Sapi bali menjadi salah satu penyumbang daging sapi terbesar secara nasional. Bobot sapi bali bisa mencapai 300—400 kg dengan persentase karkas lebih dari 50 persen.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh sapi bali adalah sapi ini merupakan sapi yang tidak pemilih dalam urusan pakan. Selain itu, lebih tahan panas serta gigitan serangga yang disebabkan oleh caplak dan nyamuk.

Sapi limousine

Sapi limousine merupakan sapi yang berasal dari luar negeri, yaitu Prancis. Sapi ini merupakan sapi pedaging dengan otot yang kuat. Warna bulunya cokleat tua serta bentuk tubuhnya besar, panjang, padat, dan kompak. Pertumbuhan sapi limousine terbilang cepat. Di Indonesia, sapi ini sering disilangkan dengan berbagai jenis sapi lainnya untuk mendapatkan jenis sapi unggulan.

Baca Juga:  Tips Jitu Mencegah Boros Pakan pada Ayam Elba

Sapi peranakan ongole

Masa penggemukan yang dibutuhkan oleh sapi peranakan ongole adalah 6 bulan dengan pertambahan keuntungan yang cenderung stagnan. Sapi peranakan ongole merupakan jenis sapi lokal yang mudah untuk digemukkan dan dijadikan ladang bisnis.

Loading...
Loading...