Usaha Peternakan Kambing yang Cocok untuk Pemula

Pertanianku — Untuk memulai beternak kambing sendiri, pasti banyak pertanyaan yang muncul dalam benak calon peternak, termasuk usaha peternakan kambing apa yang harus dijalani pertama kali. Usaha peternakan kambing yang bisa Anda pilih ada tiga, yaitu pembibitan kambing, penggemukan kambing, dan usaha kambing perah.

peternakan kambing
foto: pertanianku

Usaha pembibitan kambing merupakan kegiatan usaha yang bertujuan menyediakan anakan kambing. Jika ingin memulai usaha pembibitan, Anda harus menguasai teknik perkawinan kambing dengan baik agar mampu menghasilkan anakan kambing yang bagus. Anak kambing tersebut selanjutnya akan dijual kepada peternak penggemukan kambing atau peternak kambing perah.

Dari usaha pembibitan, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari proses penjualan anak kambing serta penjualan feses kambing yang sangat bermanfaat untuk pupuk pertanian.

Loading...

Usaha pembibitan pada skala komersial membutuhkan investasi modal yang lebih tinggi dengan risiko yang lebih tinggi. Oleh karena itu, peternak yang menjalani usaha pembibitan kambing harus memiliki keterampilan yang tinggi. Namun, bukan berarti usaha pembibitan tidak berpotensial untuk dijalankan. Ada beberapa peternak besar yang lebih memilih usaha pembibitan dibanding penggemukan karena dinilai lebih menguntungkan.

Usaha pembibitan sudah bisa dilakukan dengan modal 2—3 ekor kambing. Usaha ini cocok digunakan sebagai tabungan atau untuk mengisi waktu luang. Dengan begitu, penghasilan yang didapatkan masih bersifat pemasukan tambahan.

Namun, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dalam waktu yang cepat, usaha penggemukan bisa Anda pilih. Usaha penggemukan harus dilakukan dengan perhitungan yang matang, misalnya dilakukan saat 2 bulan sebelum Iduladha atau hari raya kurban bagi umat Islam.

Dengan perhitungan yang matang, peternak penggemukan kambing bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Keuntungan peternak penggemukan kambing didapatkan dari pertambahan bobot badan kambing serta kenaikan harga kambing yang sedang terjadi.

Baca Juga:  Mengenali Ciri Calon Induk Ayam Elba Berkualitas

Jika menginginkan penghasilan tiap harinya, Anda bisa beternak kambing perah. Kambing bisa diperah susunya setiap hari. Keuntungan bisa didapatkan dari penjualan susu serta feses untuk keperluan pupuk pertanian.

Namun, peternakan kambing perah membutuhkan keterampilan yang lebih tinggi dibanding penggemukan dan pembibitan. Peternak harus mengerti cara memperlakukan kambing dengan baik agar kambing bisa memproduksi susu dengan optimal. Jadi, seluruh usaha peternakan kambing bisa disesuaikan dengan kemampuan serta kondisi Anda.

 

Loading...
Loading...