Usaha Sampingan Budidaya Lele Sangkuriang


Pertanianku — Jika Anda ingin menambah penghasilan, budidaya lele sangkuriang bisa menjadi solusinya. Anda bisa menjadikan budidaya lele sangkuriang sebagai usaha sampingan yang prospeknya cukup menjanjikan.

budidaya lele sangkuriang
Foto: Shutterstock

Dalam melakukan budidaya lele sangkuriang, hal yang harus dilakukan ialah mempertahankan kualitas yang ada pada lele sangkuriang tersebut. Usahakan lele sangkuriang yang akan dibudidayakan tetap menjadi lele yang memiliki kualitas nomor satu di antara lele jenis lainnya.

Tahap utama yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan pembudidayaan lele ini ialah harus merintis pembenihan lele sangkuriang dari awal hingga tahap akhirnya. Usahakan pada saat tahap perintisan ini tidak ada kerugian atau jenis kegagalan apa pun.

Jika kita baru ingin merintis benih lele sangkuriang ini, sebaiknya perintisan tersebut dilakukan di sekitar pekarangan rumah. Namun demikian, untuk perintisan boleh saja dilakukan di belakang rumah, di samping rumah, ataupun di atas rumah.

Dari dumbo biasa ke lele sangkuriang

Sebagian peternak lele dumbo biasa beralih ke lele sangkuriang yang memiliki keunggulan lebih. Budidaya lele sangkuriang biasanya memiliki keberhasilan tanpa proses yang berlebihan seperti jenis lele pada umumnya.

Sudah banyak terbukti bahwa budidaya lele sangkuriang telah membawa keberhasilan hingga mencapai tingkat kesuksesan yang tinggi. Dengan begitu, tak heran para petani lele dumbo biasa beralih pada pembudidayaan lele sangkuriang.

Untuk melakukan perawatan lele sangkuriang ini pun juga tidak terlalu sulit seperti jenis lele lainnya sehingga tidak membutuhkan tenaga kerja untuk merawat lele sangkuriang. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh pun semakin berlipat.

Kunci sukses ternak lele sangkuriang

Kunci kesuksesan dalam melakukan pembudidayaan lele sangkuriang, yaitu sebaiknya kita lebih peka dalam melakukan pembidikan peluang bisnis. Para konsumen biasanya tertarik terhadap lele sangkuriang karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki lele-lele jenis lainnya.

Baca Juga:  Panen Patin Tanpa Bau Lumpur

Dalam melakukan pembudidayaan tersebut, sebaiknya kita jangan khawatir terhadap serangan hama atau pun penyakit. Karena pada dasarnya, lele sangkuriang jarang atau bahkan tidak pernah terserang oleh hama atau pun penyakit walaupun air yang ada di dalam kolam lele tersebut tidak pernah diganti sekali pun.