Usai Gempa, Semburan Lumpur dan Api Muncul Misterius di Mamuju


Pertanianku — Pascagempa berkekuatan magnitudo 7,4 SR yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, muncul fenomena alam yang misterius, yakni semburan lumpur dan api di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

semburan lumpur dan api
Foto: Google Image

Seperti ditayangkan Liputan6 di salah satu saluran TV swasta, Minggu (30/9/2018), warga di Desa Salugatta, Kecamatan Budong-budong, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, dikejutkan dengan fenomana alam tersebut.

Semburan lumpur disertai api itu diketahui mencapai ketinggian 2 meter. Menurut keterangan salah seorang warga, awalnya semburan lumpur ini muncul pada Sabtu (29/9) siang di perkebunan sawit, setelah gempa yang kemudian diikuti kobaran api.

Di lokasi terjadinya fenomena aneh itu, polisi memasang police line dengan tujuan agar warga tidak mendekati lokasi semburan api. Warga mengaku, sebelumnya telah ditemukan lubang sekitar 1 meter, namun lubang ini baru mengeluarkan api sehari pascagempa.

Untuk menghindari kerusakan parah di sekitar perkebunan, warga dan petugas pun membersihkan material yang mudah terbakar di sekitar semburan api. Pasalnya, api bisa saja merembet dan menimbulkan kebakaran hebat.

 

Baca Juga:  Peluang NTT untuk Kembangkan Peternakan Lahan Kering