Usir Hama Semut pada Tanaman dengan Cara Alami

Pertanianku — Semut sering terlihat hidup berkoloni di tanaman. Meskipun kehadirannya secara kasat mata tidak membahayakan tanaman, semut bisa menjadi hama yang secara tidak langsung mengganggu produktivitas tanaman. Hama semut bisa mengganggu pemilik tanaman. Jika berada di pohon buah, semut akan menyulitkan proses pengambilan buah. Hama semut bisa diatasi dengan cara alami seperti beberapa cara di bawah ini.

hama semut
foto: pixabay

Usir semut dengan repelen

Ada beberapa tanaman yang bisa mengusir semut seperti bawang putih, mint, chrysanthemum, aster, geranium, serta henbit dan calendula. Seluruh tanaman tersebut bisa Anda tanam di kebun atau pekarangan untuk mengusir dan mencegah kehadiran semut di tanaman Anda.

Loading...

Hapus jejak semut

Mengusir semut juga bisa dilakukan dengan menghilangkan jejak semut. Biasanya dalam satu koloni semut terdapat semut pemandu yang bertugas mencari makanan. Semut pemandu tersebut akan meninggalkan jejak yang bisa diikuti oleh anggota koloni yang lain. Anda bisa menghapus jejak tersebut untuk mengusir semut dari tanaman Anda.

Cara menghapus jejaknya cukup mudah. Anda hanya perlu mengetahui jejak jalur yang dilewati oleh semut. Selanjutnya, letakkan kain yang sudah direndam oleh pemutih pakaian di atas jalur tersebut. Cara ini terbilang cukup efektif untuk mencegah semut datang ke tanaman. Namun, Anda tidak diperbolehkan menuangkan larutan pemutih ke pakaian karena bisa merusak akar tanaman.

Mengusir dengan aroma

Semut tidak menyukai beberapa jenis bau, seperti bau yang ditimbulkan oleh kayu manis atau tanaman mint. Anda bisa meletakkan permen karet beraroma mint atau menaburkan bubuk kayu manis di sekitar tanaman untuk mengusir semut.

Jebakan semut

Semut juga bisa diusir dengan cara dijebak, bahan yang digunakan hanya kertas. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama, buatlah lingkaran dengan diameter sekitar 20 cm, bergantung pada ukuran lebar batang tanaman. Potong lingkaran tersebut agar bisa dimasukkan ke batang tanaman.

Baca Juga:  Waspada! Ikan Buntal Bisa Menyebabkan Kematian

Selanjutnya, olesi kertas tersebut dengan vaselin dan letakkan jebakan di bagian bawah dengan posisi yang sudah diolesi dengan vaselin mengarah ke atas. Vaselin akan membuat semut lengket dan tidak bisa ke mana-mana.

Loading...
Loading...