Usir Hama Tanaman Sayur Organik dengan Burung Kutilang dan Puyuh

Pertanianku — Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh para petani adalah masalah hama yang merusak tanaman. Hama tanaman sayur organik bisa membuat kerusakan pada fisik sayur sehingga menyebabkan penurunan kualitas bahkan menyebabkan gagal panen. Ada banyak cara untuk mengusir hama tersebut. Salah satunya dengan menggunakan burung kutilang dan puyuh untuk memangsa hama dengan cara alami.

hama tanaman sayur organik
foto: pertanianku

Untuk tanaman sayur organik, jangan menggunakan insektisida kimiawi saat ingin membasmi hama. Tujuannya, agar sayuran yang dihasilkan benar-benar terbebas dari residu bahan kimia. Para petani yang menanam sayuran organik di dalam greenhouse menggunakan beberapa cara alami untuk mengatasi serangan hama tersebut. Salah satunya adalah dengan melepas burung kutilang dan puyuh di dalam greenhouse.

Burung tersebut ibaratnya dipekerjakan untuk memangsa hewan atau hama yang berpotensi merusak sayuran di dalam greenhouse. Hewan yang dianggap hama oleh petani sayur adalah ulat grayak Spodoptera litura, belalang, dan jangkrik. Hewan-hewan tersebut justru bisa menjadi pakan alami bagi burung kutilang dan puyuh.

Loading...

Keberadaan hewan-hewan tersebut di dalam greenhouse harus dipantau. Perkembangan populasinya jangan sampai di atas ambang karena bisa menyebabkan kerusakan tanaman yang akan berdampak pada kerugian.

Serangan hama-hama tersebut bisa diatasi dengan jasa burung. Para pembudidaya akan melepaskan sepasang burung kutilang atau puyuh di dalam greenhouse berukuran 20 m × 50 m. Anda bisa menggunakan burung hasil tangkapan dan melepaskannya di sekitar lahan di dalam rumah tanam.

Pakan burung kutilang Pycnonotus aurigaster adalah serangga yang dianggap hama oleh petani sayuran. Selain kutilang, petani juga bisa memanfaatkan puyuh Coturnix coturnix. Burung puyuh akan memangsa serangga yang berada pada dasar tanah.

Untuk membuat burung betah di area rumah tanam, sediakan tomat dan pisang di dalam greenhouse. Sementara itu, untuk penanaman yang dilakukan di luar greenhouse, pasang rekaman suara burung untuk memancing datangnya burung. Suara burung tersebut juga bisa berfungsi untuk menarik buruk pemakan serangga datang ke lahan perkebunan dan memangsa hama serangga yang merugikan tanaman.

Baca Juga:  Tanaman Penurun Demam yang Mudah Dijumpai

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan insektisida kimia untuk mengatasi serangan hama serangga. Anda juga bisa melihat berbagai cara untuk mengatasi serangan hama pada tanaman sayur organik pada Berkebun Organik Buah dan Sayur yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

 

 

Loading...
Loading...