Usir Hama Tikus dengan Tanaman Ini

    Pertanianku — Apakah Anda sedang terganggu dengan keberadaan tikus liar? Jangan khawatir, karena Anda bisa mengusir tikus-tikus tersebut hanya dengan bahan-bahan alami. Selain mudah ditemukan, penggunaan bahan-bahan ini pun tergolong mudah.

    Daun mint

    Daun mint banyak digunakan sebagai tambahan dalam makanan, minuman, dan sebagai penghias hidangan. Namun, daun mint juga bisa membantu Anda menyingkirkan tikus yang membandel. Larutkan daun mint pada air. Semprotkan air tersebut ke daerah-daerah yang sering dilalui oleh mamalia ini. Tikus tidak menyukai aroma mint sehingga ia akan menghindar.

    Loading...

    Mengkudu

    Buah yang satu ini terkenal akan khasiatnya bagi kesehatan. Selain itu, manfaat lain dari mengkudu adalah bisa membantu mengusir tikus di rumah Anda. Caranya dengan memotong buah mengkudu yang masih masak.

    Letakkan daging buah tersebut di tempat yang dilalui oleh tikus. Aroma buah mengkudu yang menyengat cenderung tidak disukai oleh tikus. Namun, bila Anda benar-benar tidak menyukai aroma mengkudu juga sebaiknya jangan gunakan cara ini.

    Durian

    Buah durian memiliki kulit yang berduri tajam. Duri ini tidak disukai oleh tikus. Cara penggunaan durian untuk mengusir tikus bisa dilakukan dengan meletakkan kulit durian pada daerah yang dilalui tikus. Selain tekstur kulitnya yang berduri tajam, aroma buah durian juga tidak disukai tikus. Tikus pun akan menghindar.

    Cabai rawit

    Masih karena aromanya yang menyengat, kali ini jenis tanaman lain yang bisa mengusir tikus adalah cabai rawit. Bagian tanaman yang digunakan adalah buah cabai tersebut. Aroma yang kuat dari cabai rawit cenderung tidak disenangi oleh tikus dan membuatnya menyingkir.

    Mula-mula, hancurkan cabai rawit hingga cukup lembut. Campurkan dalam air secukupnya dan masukkan ke wadah semprot. Semprotkan campuran tersebut ke daerah yang dilalui oleh tikus. Hati-hati saat menyemprotnya karena cairan ini sangat panas bila terkena mata.

    Baca Juga:  Jangan Dikonsumsi, Hindari Telur dengan Ciri-ciri Ini

    Cengkih

    Bumbu dapur yang satu ini digemari karena bisa memberikan aroma dan rasa yang nikmat. Walaupun demikian, tikus tidak menyukai aromanya. Oleh karena itu, pemberian cengkih di sudut-sudut dan jalan yang dilewati tikus bisa membantu mengusir hewan tersebut.

    Loading...
    Loading...