Usir Nyamuk Malaria dengan Tanaman Sereh


Pertanianku Usir nyamuk malaria dengan menumbuhkan tanaman sereh di sekeliling rumah Anda. Nyamuk anopheles diketahui sebagai vektor penyakit malaria yang sangat berbahaya. Keberadaannya bisa terusir jika terdapat tanaman sereh di rumah Anda.

Usir nyamuk malaria
Foto: Shutterstock12

Hal itu diungkapkan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotic Kementerian Kesehatan Elizabeth Jane Soepardi.

“Sereh itu cepat tumbuh besar, itu pecah-pecah saja, kalau bisa setiap pemukiman dikelilingi tanaman sereh, itu ampuh,” kata Jane di kantor Kementerian Kesehatan Jakarta, seperti dikutip Republika, Senin (23/4).

Selain itu, Jane juga menerangkan cara lainnya untuk mengusir nyamuk, yaitu dengan memajang sereh segar, lalu ditempatkan di atas meja atau lokasi lainnya di dalam rumah.

Menurutnya, cara tersebut bisa diterapkan bagi warga yang tinggal di daerah endemis malaria sebagai pencegahan tambahan selain penggunaan kelambu saat tidur.

Disamping itu, upaya pencegahan gigitan nyamuk juga bisa dilakukan dengan cara mengenakan pakaian berlengan panjang, tidak keluar rumah saat malam hari, serta penggunaan losion pengusir nyamuk.

Hingga saat ini, wilayah Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur masih menjadi wilayah endemis tinggi malaria dengan cakupan mencapai 70 persen dari 39 kabupaten-kota yang ada di wilayah tersebut.

Kasus malaria pada 2017 tercatat sebanyak 261.721 kasus secara nasional. Sebanyak 90 persen kasus berasal dari Papua, Papua Barat, dan NTT.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang berkunjung ke daerah endemis malaria juga bisa melakukan pencegahan dengan meminum obat doxycyclin.

Minumlah satu atau dua hari sebelum bepergian ke tempat endemis. Selama berada di tempat endemis, dan selama empat minggu pascakepulangan dari tempat endemis malaria.

Baca Juga:  Keistimewaan Bawang Putih Turunkan Risiko Penyakit Ganas
loading...
loading...