Usir Semut pada Tanaman dengan Cara Ini


Pertanianku — Pernahkah Anda melihat segerombolan semut mengerumuti tanaman? Semut biasanya sangat tertarik sama bunga yang mekar. Walaupun keberadaan semut pada tanaman itu belum berarti buruk, tetapi keberadaannya sangat mengganggu.

semut pada tanaman
Foto: Shutterstock

Mereka bisa saja menggigit tangan kita atau masuk ke rumah. Berikut ini beberapa cara mengusir semut pada tanaman.

  1. Menggunakan jebakan

Tak hanya binatang hama besar yang dapat dijebak, tetapi semut pun bisa. Anda dapat membuat semacam “kerah” dari kertas. Buatlah lingkaran dengan diameter sedikitnya 20cm atau tergantung lebar batang tanaman dan potong lingkaran tersebut.

Buat lubang kecil di tengah lingkaran secukupnya untuk memasukkan batang pohon yang bersemut. Olesi jebakan “kerah” kertas tadi menggunakan vaseline. Letakan jebakan “kerah” di tanaman pada batang bagian bawah dengan posisi bagian yang telah diolesi vaseline menghadap ke atas. Anda dapat melihat semut-semut pengganggu terjebak di dalam vaseline yang lengket.

  1. Menggunakan aroma tertentu

Beberapa serangga memang tidak menyukai bau-bau tertentu seperti bau kayumanis atau mint. Anda dapat meletakkan permen karet yang beraroma kedua macam bau tersebut atau menaburkan bubuk kayumanis di sekitar tanaman.

  1. Mengusir semut dengan cara membunuhnya

Banyak resep yang dapat digunakan untuk membuat makanan tertentu yang bila termakan oleh semut, maka semut tersebut akan mati terbunuh. Salah satunya adalah dengan mencampurkan sejumlah gula dengan boraks atau gula dengan jagung. Letakkan makanan semut tersebut di sekitar tanaman.

  1. Mengusir semut pada tanaman dengan menghilangkan jejak semut

Setiap gerombolan semut biasanya memiliki jenis semut pemandu yang berfungsi mencari makanan. Para semut pemandu itu dapat memberikan semacam “tanda” agar semut lain dapat mengikuti jejaknya. Anda dapat mengusir semut pada tanaman dengan cara menghapus jejak langkah semut tersebut.

Baca Juga:  Cara Gampang Membuat Perangkap Hama Tikus Sawah

Anda cukup mencari jalur yang sering dilewati semut, kemudian letakkan kain yang telah direndam dengan larutan pemutih pakaian di atas jalur tersebut. Cara ini cukup efektif juga untuk mengusir semut dari rumah dengan cara menghapus jejak menuju rumah.

  1. Menggunakan repelen (penolak semut)

Tanaman seperti bawang putih, mint, chrysanthemum, aster, geranium, henbit dan calendula adalah beberapa tanaman yang dapat mengusir semut dan hama lainnya di kebun Anda. Tanamlah beberapa tanaman tersebut di kebun atau pekarangan rumah untuk mencegah datangnya semut pada tanaman.