Vaksin Herbal untuk Ayam Buras

Pertanianku — Sekarang sudah mulai berkembang peternakan ayam buras organik yang meminimalisir penggunaan obat kimia. Peternak biasanya akan mengganti kebutuhan bahan kimia dengan bahan alami yang terbuat dari tumbuhan atau dikenal dengan ramuan herbal. Ramuan tersebut biasanya digunakan untuk antibiotik, pemacu pertumbuhan, serta vaksin herbal.

vaksin herbal
foto: pertanianku

Peternak biasanya membuat vaksin herbal sendiri dari rempah-rempah yang dicampur dengan bahan lain. Penggunaan ramuan herbal sudah terbukti mampu meningkatkan sistem metabolisme ayam semakin membaik. Kemampuan tubuh ayam menyerap sari-sari pakan menjadi lebih optimal. Dengan begitu, pakan yang dibutuhkan bisa berkurang lebih sedikit. Berikut ini resep vaksin herbal yang bisa diracik sendiri.

Bahan-bahan:

  • Kunyit 3 kg
  • Temu putih 1 kg
  • Gula jawa 300 gram
  • Mikroba starter 300 cc

Cara membuat:

  • Blender kunyit putih dan temu putih
  • Campurkan hasil blender dengan gula jawa dan mikroba starter
  • Larutkan vaksin hingga tercampur merata
  • Encerkan larutan herbal yang sudah jadi dengan 50 liter air
  • Berikan ke ayam buras melalui air minum

Anda juga bisa membuat vaksin herbal dari campuran kunyit, lengkuas, bawang putih, gula jawa, dan mikroba starter. Ramuan herbal juga bisa dikombinasikan dengan berbagai bahan herbal lain.

Penggunaan vaksin herbal juga bisa membuat kotoran ayam menjadi lebih sedikit dan baunya tidak menyengat. Mengingat, salah satu permasalahan yang kerap dialami peternak adalah bau kotoran ayam yang bisa mengganggu warga sekitar.

Bobot ayam yang diberikan ramuan herbal cenderung meningkat lebih cepat. Serat dagingnya pun lebih halus, gurih, tidak anyir, dan sudah pasti terbebas dari residu bahan-bahan kimia. Dengan membuat vaksin sendiri, peternak bisa menghemat biaya vaksin, vitamin, serta pakan.

Rimpang yang digunakan dalam ramuan herbal tersebut berguna sebagai antibiotik, antivirus, antimikroba, antiradang, antikolesterol, antikanker, meningkatkan daya cerna ternak, dan meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga:  Kenali Gejala dan Pengendalian Penyakti Antraks pada Hewan

Biasanya untuk membuat ramuan herbal, bahan baku utamanya adalah kunyit. Sementara itu, temu putih, lengkuas, dan bawang putih hanya bahan tambahan yang berguna untuk antibiotik alami dan meningkatkan daya pertumbuhan ayam.

 

 

 

 

 


loading...