Vaksin Herbal untuk Ayam

Pertanianku — Vaksinasi berguna untuk mencegah ayam terjangkit penyakit yang bisa menurunkan produktivitas hingga menyebabkan kematian. Pada umumnya vaksin dibuat dari bahan-bahan kimia, tetapi sebenarnya Anda bisa membuat vaksin herbal sendiri untuk ayam. Vaksin herbal ayam sering digunakan pada peternakan organik yang mengurangi pemakaian bahan kimia selama proses pemeliharaan.

vaksin herbal ayam
foto: Pertanianku

Vaksin herbal ayam dapat berfungsi menurunkan jumlah pemberian pakan. Hal tersebut karena bahan herbal mampu meningkatkan metabolisme ayam sehingga sari-sari makanan yang masuk ke tubuh ayam diserap secara sempurna.

Ramuan vaksin herbal tersebut juga dapat membuat kotoran ayam menjadi lebih sedikit dan baunya tidak terlalu menyengat. Kenaikan bobot ayam yang divaksin dengan bahan herbal juga bisa signifikan. Daging yang dihasilkan lebih berserat halus, lebih gurih, tidak ada bau anyir, dan sudah pasti bebas residu obat-obatan kimia.

Dengan membuat vaksin herbal sendiri, peternak bisa menghemat biaya untuk vitamin, pakan, dan obat.

Tanaman yang bisa digunakan untuk membuat ramuan vaksin antara lain temu lawak, kunyit, lempuyang, kencur, daun sirih, temu ireng, bawang putih, lengkuas, dan pakan probiotik.  Kunyit menjadi bahan utama karena mengandung kurkumin yang bersifat sebagai antimikroba, antivirus, antikolesterol, sitotoksik, dan antiradang.

Kunyit juga berkhasiat menguatkan stamina ayam sehingga ayam tidak mudah terserang penyakit. Sementara itu, bahan herbal lain seperti temu putih, lengkuas, daun sirih, serta bawang putih bermanfaat sebagai antibiotik dan mendorong pertumbuhan ayam.

Peternak bisa memvariasikan formula herbal, bergantung pada ketersediaan bahan herbal serta tujuan yang ingin didapat.

Berikut ini resep vaksin herbal untuk ayam yang bisa diikuti.

Bahan-bahan:

  • 3 kg kunyit
  • 1 kg temu putih
  • 300 gram gula jawa
  • 300 cc mikroba starter
Baca Juga:  Tips Mencegah Penyakit di Kandang Ayam yang Kerap Timbul Saat Perubahan Cuaca

Cara membuat:

  1. Haluskan kunyit dan temu putih dengan blender
  2. Campur kunyit, gula jawa, dan mikroba starter, lalu blender hingga halus
  3. Setelah larutan jadi, encerkan dengan 50 liter air
  4. Aplikasikan ramuan herbal pada ayam melalui air minum

loading...