Vaksinasi Pada Peternakan Organik

Pertanianku – Pada peternakan ayam organik, pemeliharaan kesehatan dan pemacu pertumbuhan ayam menggunakan bahan baku tumbuhan, biasanya disebut ramuan herbal. Ramuan herbal ini bisa berfungsi sebagai vaksin, antibiotik, serta sebagai pemacu pertumbuhan yang penggunaannya menggantikan obat-obatan berbahan baku kimia. Peternakan organik ini memiliki keunggulan sebagai berikut.

Vaksinasi Pada Peternakan Organik

  • Menurunkan jumlah pemberian pakan. Penggunaan ramuan herbal terbukti mampu meningkatkan metabolisme ayam lebih sempurna sehingga sari-sari makanan terserap maksimal untuk pembentukan daging. Sebagai contoh, pada peternakan ayam nonorganik membutuhkan 7 ton pakan untuk pemeliharaan 3.000 ekor ayam selama 30 hari, sedangkan pada peternakan organik hanya membutuhkan 6 ton pakan.
  • Ayam organik kotorannya lebih sedikit dan baunya tidak menyengat.
  • Meningkatkan bobot badan ayam. Pada percobaan ayam broiler non-organik menghasilkan bobot rata-rata 1,5 kg/ekor, sedangkan yang dipelihara secara organik menghasilkan bobot rata-rata 1,7 kg/ekor dengan masa pemeliharaan 30 hari.
  • Daging ayam organik lebih berserat halus, lebih gurih, tidak anyir, dan bebas residu obat-obatan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.
  • Menurunkan tingkat kematian ayam.
  • Menghemat biaya pakan, obat, dan vitamin. Lengkuas, bawang putih, temu lawak, kunyit, lempuyang, kencur, daun sirih, temu ireng, dan pakan probiotik (campuran kapang bakteri Lactobacillus dan mikroba selulotik) sebagai bahan ramuan herbal untuk ayam. Di dalam bahan herbal tersebut memiliki aktivitas farmakologis sebagai antibiotik alami, antivirus, antimikroba, antiradang, antikolesterol, antikanker, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan daya cerna ayam.

Ramuan herbal biasanya menggunakan kunyit (Curcuma domestica) sebagai bahan baku utamanya. Di dalam kunyit terkandung senyawa aktif kurkumin yang memiliki aktivitas farmakologis sebagai anti radang, anti mikroba, anti virus, anti kolesterol, dan sitotoksik (menghambat pertumbuhan sel kanker). Kunyit juga berfungsi sebagai penguat stamina. Sedangkan bahan lainnya seperti temu putih, lengkuas, daun sirih, bawang putih berfungsi sebagai antibiotik alami dan meningkatkan petumbuhan ayam.

Baca Juga:  Syarat Kandang yang Ideal untuk Ayam Petelur

 

Sumber: Buku Ayam Buras Pedaging

 


loading...