Variasi Bentuk Kandang untuk Ternak Kelinci

Pertanianku— Kandang menjadi tempat tinggal bagi kelinci sehingga kandang harus memberikan rasa aman dan nyaman. Oleh karena itu, kandang juga menjadi salah satu penentu keberhasilan usaha ternak. Ada beberapa bentuk kandang kelinci yang biasa digunakan untuk beternak, yakni kandang baterai, postal, ranch (ren), dan kandang melahirkan.

kandang kelinci
foto: Pertanianku

Kandang baterai

Kandang baterai adalah jenis kandang yang setiap satu ruangan hanya diisi oleh satu kelinci. Kandang-kandang ini disusun secara berderet dengan konstruksi flatdech battery (berjejer), tier battery (bertingkat), dan pyramidal battery (susun piramid). Bentuk kandang ini biasanya digunakan untuk mengawinkan kelinci dan mengasuh anak serta melahirkan bagi kelinci betina.

Kandang baterai memiliki keuntungan berupa mudah dibersihkan, mencegah perkelahian dan kanibal, serta pengembangbiakan dan pemuliaan bisa diatur lebih mudah. Dengan kandang ini, peternak bisa menekan angka kematian anak kelinci karena tidak ada gangguan dari kelinci lain.

Kandang postal

Postal merupakan kandang yang setiap ruangannya diisi oleh beberapa ekor kelinci. Biasanya, postal digunakan untuk anak kelinci yang baru disapih atau kelinci dara seragam umur dan ukurannya.

Kelinci yang akan digabung di dalam kandang postal harus memiliki jenis kelamin dan ras yang sama. Hal ini berguna untuk mencegah efek negatif bila kelinci berbeda ras dan jenis kelamin digabung. Kandang postal juga bisa digunakan sebagai tempat pembiakan yang diisi oleh satu induk pejantan dan 4–6 ekor induk betina.

Kandang ren (ranch)

Kandang ren (ranch) adalah kandang yang ruangannya terbagi-bagi menjadi tempat tidur dan tempat bermain. Kandang ini biasanya ada di halaman rumah atau bahkan menjadi bagian dari taman. Bentuk kandang ini lebih cocok untuk hobi atau ternak kelinci hias.

Baca Juga:  Pusar Anak Ayam Basah, Timbulkan Penyakit Penyebab Kematian

Kandang tidur dibuat seperti sangkar yang berbentuk rumah. Bagian ini berfungsi sebagai tempat tidur dan istirahat kelinci pada malam hari. Sementara itu, kandang tempat bermain berupa lapangan yang cukup luas dan dikelilingi pagar. Tempat ini berfungsi sebagai tempat kelinci bermain atau berkeliaran pada siang hari.