Varietas Bawang Merah yang Cocok di Musim Hujan

Pertanianku — Biasanya sebelum memasuki musim hujan, petani sudah mulai menggunakan varietas tanaman yang bisa tahan di musim hujan. Varietas bawang merah yang bagus ditanam ketika musim hujan adalah pikatan. Varietas bawang merah ini merupakan tanaman semusim sehingga berumur pendek.

varietas bawang merah
foto: pixabay

Bawang merah bisa ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi, hanya saja Anda harus menyesuaikan varietas yang digunakan dengan lokasi menanam. Biasanya, ketinggian dataran maksimum yang bisa digunakan untuk menanam bawang adalah 450 mdpl.

Pada musim hujan, biasanya lahan perkebunan lebih rentan digenangi oleh air hujan yang berintensitas tinggi. Lahan yang digenangi dengan air dapat menyebabkan bawang merah rentan terkena serangan penyakit serta hama. Oleh karena itu, dulu ketika memasuki musim hujan akan terjadi kelangkaan yang membuat harga bawang melonjak naik. Bahkan, pemerintah mengeluarkan kebijakan impor bawang merah yang dapat merugikan petani lokal.

Untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi di musim hujan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menciptakan varietas tanaman bawang merah yang unggul di musim hujan, yaitu pikatan.

Varietas unggul ini memiliki kemampuan beradaptasi di lingungan yang terendam dan kering. Dengan begitu, varietas pikatan bisa digunakan untuk ditanam saat musim hujan.

Bawang merah pikatan sudah bisa dipanen ketika berumur 55 hari, dalam satu hektare bisa mendapatkan sekitar 6,2—23,3 ton. Bawang yang sudah dipanen bisa disimpan selama 6 bulan lamanya.

Selain pikatan, ada juga varietas pancasona dengan potensi hasil yang sedikit lebih besar, yaitu 6,9—23,7 ton/hektare. Bawang merah pancasona bisa dipanen ketika tanaman sudah berumur 57 hari. Selanjutnya ada trisula, sudah bisa dipanen ketika berumur 55 hari dengan potensi hasil sekitar 6,5—23,2 ton/hektare. Bawang merah trisula bisa disimpan selama 5 bulan lamanya.

Baca Juga:  Cara-cara Pengendalian Hama Secara Biologis

Anda juga bisa menggunakan bawang merah varietas mentes dengan umur panen normal selama 58 hari. Potensi hasil yang bisa didapatkan sekitar 7,1—27,6 ton/hektare dengan daya simpan berlangsung selama 3—4 bulan.

Seluruh varietas bawang merah tersebut bisa ditanam saat musim hujan ataupun musim kemarau. Sementara itu, teknik menanam yang digunakan pada musim kemarau atau musim hujan adalah sama.


loading...