Varietas Cabai Rawit yang Cocok Ditanam di Lahan Luas dan Pekarangan

Pertanianku — Cabai rawit memang tidak sepopuler cabai besar, tetapi cabai berukuran kecil ini tetap memiliki pangsa pasarnya tersendiri. Ada beberapa varietas cabai rawit yang sudah dirilis oleh Kementerian Pertanian dan bisa ditanam di lahan luas ataupun pekarangan.

varietas cabai rawit
foto: Pertanianku

Pemilihan varietas yang tepat sangat berguna untuk memudahkan Anda dalam mengendalikan serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan mendapatkan hasil produksi yang memuaskan. Oleh karena itu, pemilihan varietas sebaiknya tidak dilakukan sembarangan.

Apabila Anda tertarik menanam cabai rawit di pekarangan, sebaiknya gunakan varietas Pelita, Bara, dan Taruna. Ketiga varietas tersebut cocok dikembangkan di pekarangan ataupun dibudidayakan dalam skala yang luas. Berikut ini varietas cabai rawit yang cocok ditanam di lahan luas dan pekarangan.

Hibrida Pelita

Varietas hibrida Pelita cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tinggi tanaman mencapai 70 cm. Cabai sudah bisa dipanen pertama kali pada umur 100 HST (hari setelah tanam). Buah cabai berwarna hijau dan rasanya sangat pedas. Panjang buahnya mencapai 4 cm dan berdiameter 0,7 cm. Varietas ini mampu memproduksi sebanyak 0,7 kg cabai per tanaman. Varietas hibrida memiliki keunggulan berupa toleran terhadap penyakit layu bakteri.

Varietas Bara

Cabai rawit varietas Bara termasuk spesies Capsicum annum L. cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tinggi tanaman mencapai 55 cm. Panen pertama sudah bisa dilakukan saat tanaman berumur 100 HST.

Buah mudanya berwarna hijau muda dan terasa sangat pedas. Ukuran cabai rawit Bara hampir mirip dengan rawit Pelita, panjang buahnya sekitar 4 cm dan berdiameter 0,7 cm. Namun, potensi produktivitas tanaman Bara terbilang lebih rendah, yakni hanya 0,5 kg/tanaman. Varietas Bara sama seperti varietas Pelita yang tahan terhadap penyakit layu bakteri.

Baca Juga:  Strategi Pengendalian Hama Terpadu ala Indonesia dan Brunei Darussalam

Varietas Taruna

Varietas Taruna termasuk spesies Capsicum frutescens. Varietas ini cocok ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tinggi tanaman dapat mencapai 100 cm. Umur panen perdana varietas Taruna terbilang lebih lama, yaitu 130 HST. Buah mudanya berwarna putih gading dan rasa buahnya aromatik. Panjang buah 4 cm dan diameter buah 1,1 cm. Potensi produktivitasnya sebesar 0,5 kg/tanaman.