Varietas Jagung Manis Unggulan

Pertanianku — Jagung manis menjadi salah satu komoditas bahan pangan yang diminati masyarakat. Selain bisa dimakan untuk memenuhi energi, jagung manis kaya vitamin serta rasanya lezat. Tingginya peminat jagung manis di Indonesia membuat banyak varietas jagung manis unggulan sudah banyak yang dilepas untuk ditanam di Indonesia.

varietas jagung manis
foto: pertanianku

Jagung manis unggulan memiliki kelebihan, yakni berupa jagung yang disukai oleh konsumen sehingga harganya jadi lebih tinggi dan lebih laku di pasaran. Berikut ini jenis jagung manis unggulan yang bisa dijumpai.

Super sweet

Varietas super sweet memiliki pertumbuhan tanaman yang tegak dan kuat. Jenis jagung ini tahan terhadap penyakit karat daun dan tumbuh subur di daerah iklim tropis. Ukuran tongkol jagung besar dan terisi penuh. Panjang tongkolnya mencapai 20—22 cm. Panen rata-rata jagung super sweet sebanyak 12,4 ton/hektare.

Bisi sweet 2

Jagung bisi sweet 2 memiliki pertumbuhan tanaman yang seragam dan kokoh. Hal tersebut memudahkan petani untuk melakukan pemanenan. Jenis ini juga toleran terhadap karat daun serta hawar daun. Jagung yang dihasilkan memiliki rasa sangat manis dengan kadar gula 14°brix. Ukuran tongkol jenis jagung ini terbilang medium agak besar.

Sweet boy

Varietas sweet boy memiliki pertumbuhan yang seragam dengan sosok tanaman tegap dan kokoh. Jagung ini tahan terhadap serangan karat daun dan bercak daun. Rasa jagung ini hampir sama seperti bisi sweet 2, hanya kurang manis sedikit. Ukuran tongkol jagung agak besar, seragam, dan terisi penuh.

Bicolour sweet

Varietas bicolour sweet memiliki pertumbuhan tanaman yang seragam, tahan terhadap serangan karat daun. Rasa jagung bicolour sweet manis dengan kadar gula 13,5° brix. Ukuran tongkol jagung bicolour sweet medium agak pendek dengan panjang tongkol lebih kurang 16—17 cm. Panen rata-rata jagung ini sekitar 12,9 ton per hektare tanpa kelobot.

Baca Juga:  Media Tumbuh yang Bagus untuk Jamur Tiram

Sweet lady

Varietas sweet lady memiliki pertumbuhan tanaman yang seragam dengan ukuran tanaman pendek. Tanaman tahan terhadap hawar daun dan karat daun. Rasa jagung ini manis dengan kadar gula13,77° brix. Ukuran tongkol jagung medium, seragam, dan terisi penuh.

 


loading...