Varietas Jambu Air Ini Paling Baik untuk Ditanam


PertaniankuVarietas jambu air memang bermacam-macam. Tak banyak orang mengetahui varietas mana saja yang paling bagus untuk ditanam sebagai tanaman buah pekarangan rumah ataupun budidaya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui varietas terbaik sebelum membeli benihnya untuk Anda tanam.

Varietas jambu air
Foto: Google Image

Mungkin Anda pernah mendengar tentang jambu air king rose, jambu air madu, serta jambu citra. Nah, apa sajakah keunggulannya, bagaimana ciri-ciri untuk membedakan, serta cara membudidayakannya. Berikut uraiannya.

Jambu air madu dan jambu air citra termasuk dua jenis jambu air yang banyak disenangi karena rasa buahnya manis dan segar. Bila ingin membudidayakan kedua varietas tanaman jambu air tersebut, perawatan yang tepat akan sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman.

Jambu air madu berasal dari Deli, populer dengan rasanya yang sangat manis menyerupai madu. Jambu air madu dapat dibudidayakan di mana saja, baik di dalam pot maupun di luar ruangan seperti pekarangan rumah. Sementara, jambu air citra termasuk buah asli Indonesia. Kelebihannya, yaitu mempunyai ukuran yang besar. Keunikan dari rasa jambu air citra ini akan terasa lebih manis di musim kemarau.

Menanam jambu air madu

Agar jambu air madu bisa hidup dan berbuah dengan baik, perlu dilakukan cara yang tepat. Varietas unggul perlu dipilih supaya buahnya juga berkualitas baik. Selain itu, keuntungan memilih benih yang berasal dari varietas unggulan bisa menjadikan jambu mempunyai daya tahan yang bagus. Dengan begitu, hasil panen juga bagus serta daya jualnya menjadi tinggi.

Apabila ingin menanam di tanah, sebaiknya dibuat lubang yang dalamnya 3 meter supaya jambu dapat berkembang dengan sempurna. Kemudian, jika ingin menanam di dalam pot harus menggunakan metode tabulampot. Jangan menggunakan pot yang ukurannya terlalu kecil karena dapat mengakibatkan pertumbuhan yang tidak harmonis.

Baca Juga:  Cara Terbaik Penanganan Pascapanen Cabai Jawa

Siram tanaman jambu sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Banyaknya penyiraman bisa ditingkatkan menjadi 3 sampai 4 kali dalam sehari saat cuaca sangat panas. Agar bisa tumbuh dengan optimal, jangan lupa untuk memberinya pupuk.

Pemberian pupuk kandang serta pupuk NPK perlu dilakukan supaya kesuburan tanahnya selalu terjaga. Agar buah jambu mempunyai kualitas yang bagus, pemberantasan hama juga harus dilakukan.

Pemberantasan hama dapat dilakukan dengan penyemprotan insektisida dan pestisida. Anda dapat juga mencegahnya dengan cara membungkus dengan kertas koran ataupun plastik agar buah terjaga dari serangan ulat.