Varietas Lele Unggul dengan Pertumbuhan Cepat

Pertanianku — Lele merupakan salah satu komoditas unggul ikan konsumsi air tawar. Keberadaannya berperan penting dalam pemenuhan gizi masyarakat. Ikan lele memiliki sifat mudah dibudidayakan serta harganya terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Untuk membudidayakannya, sejumlah varietas lele unggul bisa menjadi alternatif pilihan terbaik.

varietas lele unggul
Foto: Google Image

Lele tersebut memiliki keunggulan masa panen lebih cepat, yaitu hanya butuh 50—60 hari untuk mencapai ukuran konsumsi tergantung ukuran benih yang ditebar. Beberapa varietas lele unggul tersebut sebagai berikut.

1. Lele dumbo

Ketika lele dumbo masuk ke tanah air, budidaya lele pun berkembang pesat. Namun, lama-kelamaan kualitas indukan lele menurun akibat penggunaan yang tidak terkontrol. Penurunan kualitas indukan lele tersebut akibat perkawinan sekerabat (inbreeding) dan seleksi induk yang salah.

2. Lele sangkuriang

Lele sangkuriang merupakan hasil perbaikan genetik melalui persilangan antara lele dumbo betina generasi kedua (F2) dan lele dumbo jantan generasi keenam (F6). Hasil perkawinan tersebut maka hadirlah lele lele dumbo jantan F2-6. Selanjutnya, lele dumbo jantan F2-6 dikawinkan kembali dengan lele dumbo betina F2 . Akhirnya, diperoleh lele sangkuriang.

3. Lele paiton

Lele paiton merupakan perkawinan antara lele betina eks. Thailand dan lele dumbo jantan. Lele paiton termasuk unggul dalam kecepatan pemeliharaan, yaitu hanya membutuhkan waktu dua bulan untuk mencapai ukuran konsumsi (8—12 ekor/kg). Oleh karena itu, tak heran jika lele ini banyak dipilih oleh pembudidaya.

4. Lele pithon

Lele pithon yang berkembang di daerah Pandeglang, Banten ini merupakan silangan antara induk betina lele eks. Thailand (Lele D89 F2) dan induk jantan lele dumbo F6. Melalui perkawinan tersebut dihasilkan lele yang mempunyai ciri, warna, dan bentuk kepala yang hampir menyerupai ular pithon, yaitu mulut kecil, kepala pipih memanjang dengan warna yang cerah. Oleh karena itu, ikan tersebut disebut lele pithon.

Baca Juga:  Membuat Pelet Ikan Gabus dengan Mudah dan Sederhana

Ingin informasi lebih jelas mengenai budidaya lele? Ikuti seminar “Bongkar Rahasia Sukses Beternak Lele ala Youtuber William Perkasa” pada Minggu, 17 Maret 2019, di Function Room, lantai 3 Gramedia Matraman, Jakarta Timur. Biaya pendaftaran hanya Rp100.000 saja dan sudah termasuk buku karya William Perkasa, goodie bag, makan siang, serta doorprize. Tertarik untuk ikut? Yuk, daftarkan diri Anda sekarang juga ke 0813-1888-8180.

Loading...