Varietas Mangga Unggulan yang Bisa Dibudidayakan di Indonesia

Pertanianku — Buah mangga berasal dari India dan kini sudah menyebar luas hampir di seluruh negara. Di Indonesia, pertumbuhan pohon mangga terbilang bagus karena daerahnya sesuai dengan pertumbuhan pohon mangga. Namun, tidak semua jenis mangga yang ditanam berasal dari Indonesia. Ada beberapa jenis atau varietas mangga unggulan yang bisa dibudidayakan di Indonesia yang bibitnya berasal dari luar negeri.

varietas mangga unggulan
foto: pertanianku

Tidak semua jenis mangga tumbuh subur di Indonesia. Selain itu, rasanya terkadang tidak cocok dengan lidah orang Indonesia. Hanya beberapa jenis mangga yang bisa diproduksi lebih lanjut dan dikembangkan oleh penangkar bibit di Indonesia.

Jenis-jenis mangga unggulan yang sudah bisa dikembangkan dan cocok oleh lidah orang Indonesia adalah mangga namdokmai, mangga chokanan, mangga Irwin, dan mangga haden.

Loading...

Anda bisa membedakan jenis mangga tersebut dari penampilannya karena semua jenis mangga tersebut memiliki penampilan yang berbeda dari mangga-mangga lokal. Perbedaan mencolok biasanya didapatkan dari warna dan bentuk buahnya.

Saat ini sudah banyak yang menjual bibit keempat jenis mangga unggulan tersebut. Salah satunya adalah Toko Trubus sebagai solusi pertanian yang menyediakan beragam bibit mangga unggul dari berbagai varietas. Anda bisa langsung mencari tahu bibit mangga unggul yang cocok ditanam di pekarangan dengan menghubungi admin penjualan TokoTrubus. Saat ini ada promo potongan harga yang menarik untuk varietas mangga chokanan di Toko Trubus.

Sebagian besar varietas mangga unggulan tersebut bisa ditanam di dalam pot atau tabulampot untuk dirawat di pekarangan. Bahkan, saat ini perkembangan tabulampot mangga terbilang cukup tinggi, banyak penggemar yang mencari pohon buah yang mini dan cepat berbuah.

Kelebihan dari varietas manga unggulan bisa dilihat dari warna buah yang menarik. Jika warna buah mangga berpadu dengan bentuk tajuk tanaman, dapat menciptakan pemandangan yang indah. Tak heran, banyak penggemar yang menanam tanaman ini sebagai tabulampot untuk menghiasi pekarangan.

Baca Juga:  Cara Menanam Bibit Lengkeng Merah di Pot

Misalnya saja mangga namdokmai yang berwarna kuning kehijuan, mangga chokanan berwarna kuning cerah, dan mangga Irwin serta mangga haden berwarna ungu pada bagian pangkal dan ujung bawah berwarna hijau ketika masih muda. Sementara itu, jika sudah tua, akan berubah warna menjadi merah pada bagian pangkal dan kuning pada bagian ujungnya.

Dari segi rasa tentu berbeda dengan buah mangga lokal, varietas mangga unggulan ini mempunyai rasa manis sedikit asam, manis bertepung, atau sangat manis dengan tekstur yang sangat bervariasi. Buah tersebut memiliki perpaduan yang pas antara aroma dan khas. Inilah yang membuat para penggemarnya ketagihan untuk mencobanya kembali.

Tanaman mangga lokal biasanya bertajuk kurang kompak sehingga kurang menarik untuk dijadikan tabulampot. Sementara itu, varietas mangga unggulan bertajuk lebih kompak sehingga tanaman terlihat lebih rimbun dan rapi, buahnya lebih banyak bergelayutan di percabangan sehingga bisa menimbulkan visual yang indah.

Loading...
Loading...