Varietas Pepaya yang Cocok untuk Dibudidayakan Skala Komersil

Pertanianku — Budidaya pepaya dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan, mengingat peminat buah pepaya cukup tinggi. Namun, kegiatan budidaya harus dilakukan dengan tepat mulai dari perencanaan, proses penanaman, pemeliharaan, panen, pascapanen, hingga pemasaran. Salah satu langkah penting yang perlu Anda perhatikan saat ingin mulai budidaya adalah menentukan varietas pepaya yang tepat.

varietas pepaya
foto: Pertanianku

Tiap varietas pepaya memiliki karakteristik yang berbeda. Selain itu, tidak semua varietas bagus untuk dikembangkan secara komersial. Oleh karena itu, pemilihan varietas pepaya tidak boleh dilakukan sembarangan. Berikut ini beberapa varietas pepaya yang cocok untuk dikembangkan secara komersil.

Pepaya hibrida Carindo

Varietas pepaya ini berasal dari persilangan koleksi plasma nutfah Pepaya Balitbu dan sudah dirilis pada 2005. Pepaya hibrida Carindo memiliki bentuk yang unik menyerupai burung. Keunggulan varietas ini adalah cita rasa yang manis, tingkat keseragaman bentuk buah stabil, dan fase istirahat yang singkat, yakni antara 3–5 buah.

Pepaya hibrida Carindo cocok ditanam di dataran rendah hingga medium dengan ketinggian 0–700 m dpl dan bertipe iklim A, B, dan C.

Pepaya Carmina

Pepaya Carmina tergolong genjah karena sudah bisa dipanen saat berumur satu tahun setelah tanam. Buah yang dihasilkan relatif lebat sekitar 45–60 buah satu musim. Ukuran pepaya Carmina kecil sehingga cocok dikonsumsi oleh satu orang (one man one fruit). Bobot buahnya hanya sekitar 500–1.500 gram, panjang buah 17–24 cm, lingkar 25–40 cm, dan ketebalannya 2,0–4,2 cm. Buah pepaya Carmina memiliki aroma yang harum.

Pepaya Carmina bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin mengonsumsi pepaya ukuran sekali makan.

Pepaya Carmida

Pepaya Carmida berpotensi menghasilkan 40–60 buah per pohon per musim. Tanaman sudah bisa dipanen pertama kali saat berumur 7 bulan dengan panjang buah 17–24 cm, lingkar 25–40 cm, dengan bentuk buah elongate.

Baca Juga:  Kiat Membasmi Hama Belalang Secara Alami

Ukuran pepaya Carmida tergolong ideal untuk dikonsumsi oleh satu orang. Varietas pepaya ini memiliki warna yang menarik, yakni merah menyala. Kandungan vitamin C Carmida mencapai 75–80 mg/100 gram. Pepaya ini juga memiliki aroma yang harum.

Pepaya Solinda

Daging pepaya Solinda berwarna kuning cerah, panjang buah mencapai 20–28 cm, lingkar 22–33 cm, ketebalan 1,3–3,5 cm, dan bobot 500–1.050 gram. Produktivitas buah ini mencapai 66–88 buah/pohon. Daging buah yang sudah matang bertekstur agak kenyal dan beraroma harum.