Varietas Tomat yang Unggul dan Bagus untuk Ditanam

Pertanianku — Penggunaan varietas yang unggul menjadi salah satu langkah untuk mensukseskan kegiatan berkebun. Pasalnya, keunggulan-keunggulan tersebut bisa memberikan Anda keuntungan dan kemudahan sehingga kegiatan bertanam menjadi lebih mudah. Berikut ini beberpa jenis varietas tomat unggul yang bagus untuk Anda tanam dalam skala bisnis maupun hobi.

varietas tomat unggul
foto: Pertanianku

Permata F1

Varietas tomat Permata F1 sudah bisa dipanen setelah tanamna berumur 60 hari dan masa panen berakhir saat tanaman berumur 120 hari. Varietas ini tahan terhadap serangan Altenaria spp., layu bakteri, blossom end rat, dan pecah buah. produktivitas tanaman dapat mencapai 60 ton/ha dengan populasi tanamna sebanyak 18000 pohon. Permata F1 dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian 50-600  m dpl.

Tymoti

Varietas Tymoti sudah bisa dipanen pertama kali saat tanaman berumur 60 hari dan berakhir saat tanaman berumur 100 hari. Varietas ini tahan terhadap serangan Geminivirus, layu bakteri, blossom end rat, da pecah bua. Produktiitas tanaman mencapai 60-70 ton/ga dengan populasi tanaman yang mencapai 20.000. Tymoti dapat beradatasi baik di datara rendah hingga sedang dengan ketinggian 50-600 m dpl.

Destyne

Varietas Destyne sudah bisa dipanen setelah tanaman berumur 70 hari dan masa panen berakhir saat tanaman berumur 120 hari.  Varietas tahan terhadap penyakit blossom end rat,, layu bakteri, dan pecah buah. produksi varietas Destyne mencapai 50-60 ton/ha. Varietas dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 50-600 m dpl.

Sakura

Varietas sakura sudah bisa dipanen setelah tanaman berumur 75 hari dan masa panen berakhir saat tanaman bermru 120 hari. Varietas sakura tahan terhadap serangan penyakit blossom end rat, layu bakteri, dna penyakit bacterial spot. Produksi tanaman mencapai 2,0-3,3 kg per tanaman atau  30-75 ton/ha. Varietas sakura dapat beradaptasi dengan baik di dataran sedang dengan ketinggian 800-1.100 m dpl.

Baca Juga:  Jamur Jakaba Penolong Tanaman yang Kerdil

Karunia

Varitas Karunia sudah bisa dipanen saat bermur 75-80 hari dan berakhir saat tanaman berumur 120-125 hari. Tomat varietas karunia memiliki daya simpan selama 4-7 hari. Rata-rata produksi varietas ini mencapai 47-55 ton/hektare dengan populasi 18.000 tanaman. Varietas karunia tahan terhadap serangan penyakit Phytophthora spp., dna layu bakteri. Karunia beradaptasi dengan baik di dataran sedang dengan ketinggian 800-1.100 m dpl.