Varietas Unggul Buah Melon


Pertanianku – Melon dengan segudang keunggulannya menjadi buah populer yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain itu, harga buah yang selalu berkembang tinggi juga menjadi alasan para petani untuk mengusahakan komoditas melon secara intensif. Seluruh daya tarik tersebut membawa melon sebagai komoditas bisnis unggulan.

meloooon

Agar bisnis melon sukses, langkah awal yang harus ditempuh adalah pengenalan varietas yang memiliki daya saing tinggi dari sisi mutu buah, produktivitas, serta ketahanan terhadap hama dan penyakit. Sebagian besar benih melon yang ditanam di Indonesia berasal dari luar negeri. Di pasar, benih melon Indonesia terdapat dua jenis varietas.

  • Varietas bersari bebas (open pollinated variety) yang memiliki daya saing kurang tinggi.
  • Varietas hibrida (hybrid variety). Kelebihan varietas ini, yaitu penampilan tanaman dan tipe buah seragam serta memungkinkan diperolehnya kombinasi karakter-karakter yang diinginkan dari tipe melon yang berbeda di dalam satu genotipe. Karakter tersebut antara lain kualitas buah yang baik, daya simpan buah yang lama, adaptif terhadap kondisi cuaca yang lebih lembap, serta tahan terhadap hama dan penyakit.

Varietas unggul dihasilkan melalui suatu program pemuliaan tanaman. Perakitan varietas hibrida merupakan alternatif yang menjanjikan dalam upaya menghasilkan benih melon yang unggul. Melon hibrida memiliki keunggulan dalam hal keseragaman buah yang tinggi, baik dalam bentuk maupun mutunya, daya tumbuh yang cepat, serta memungkinkan diperoleh kombinasi karakter yang diinginkan pada satu tanaman.

Baca Juga:  Alpukat dan Almond Bisa Cerdaskan Otak Manusia
loading...
loading...