Varietas Unggul Cengkih

Pertanianku — Cengkih termasuk komoditas ekspor yang menjanjikan, bahkan Indonesia tercatat pernah mengalami swasembada komoditas cengkih pada 1990-an. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ini adalah bunganya. Biasanya, komoditas cengkih digunakan untuk industri rokok dan farmasi.

komoditas cengkih
Foto: Pixabay

Bunga cengkih tumbuh pada pucuk ranting, bertangkai pendek, dan bertandan dengan panjang 4–5 cm. Biasanya, tiap tandan ditumbuhi sekaligus tiga kelompok bunga. Cengkih berbunga dua kali dalam setahun. Periode pertama pada Juni hingga Oktober dan periode kedua pada November hingga Januari. Pada permukaan badan bunga terdapat kelenjar minyak yang menghasilkan minyak cengkih.

Pada 1769 bibit cengkih diselundupkan oleh seorang kapten dari Prancis ke Zanzibar, Pemba, dan Madagaskar. Pada awalnya, Indonesia menjadi negara produsen dan pengeskpor utama cengkih. Namun, sejak berkembangnya industri rokok kretek pada 1930-an, Indonesia berubah menjadi pengimpor. Pada 2006–2008 ekspor cengkih mulai kembali lebih besar dari impor. Artinya, saat ini Indonesia sudah swasembada.

Budidaya cengkih harus dijalankan dengan perencanaan yang matang bila ingin mendapatkan hasil yang optimal. Anda harus menyesuaikan kondisi lingkungan dan menggunakan varietas unggul. Di Indonesia ada tiga varietas unggul yang bisa Anda pilih. Varietas tersebut adalah Siputih, Sikotok, dan Zanzibar. Berikut ini ulasan lebih jelas mengenai keunggulan dari tiap varietas tersebut.

Siputih

Varietas cengkih Siputih memiliki helai daun yang besar, berwarna kuning, atau hijau muda. Percabangan tanaman tergolong kurang rimbun. Bunga cengkih Siputih berukuran besar, berwarna kuning, dan tiap rumpunnya terdiri atas belasan bunga. Potensi produksi perbungaan cengkih Siputih mencapai 3,0–6,5 kg bunga basah/pohon/tahun.

Sikotok

Varietas cengkih Sikotok memiliki helai daun yang kecil dan berwarna hijau sampai hijau tua kehitam-hitaman. Permukaan daun Sikotok lebih mengilap. Percabangan tanaman rimbun dan rendah. Semua bagian ranting tertutup oleh daun. Bunga cengkih Sikotok berwarna kuning kemerahan. Tiap rumpun bunga terdiri atas 20–50 bunga.

Baca Juga:  Keunggulan Mangga Lalijiwo yang Bikin Lupa Diri

Zanzibar

Varietas cengkih Zanzibar memiliki helai daun berbentuk panjang ramping dan berwarna hijau gelap. Perbungaan tanaman berwarna lebih merah dengan produksi yang lebih tinggi. Potensi produksi cengkih Zanzibar mencapai 2,9–11 kg bunga basah/pohon/tahun.