Varietas Unggul Kacang Hijau

Pertanianku — Budidaya tanaman kacang hijau tidak begitu sulit untuk dilakukan. Budidaya kacang hijau di lahan sawah paling bagus dilakukan setelah menanam padi. Sementara itu, jika dilakukan di lahan tegalan paling bagus dilakukan pada awal musim hujan. Sebelum memulai budidaya, Anda perlu mengetahui varietas unggul kacang hijau yang dapat Anda gunakan. Tiap varietas tersebut memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda-beda.

varietas unnggul kacang hijau
foto: Pixabay

Varietas kenari

Varietas kacang hijau kenari bisa menghasilkan kacang sebanyak 1,8 ton/hektare dengan umur panen sekitar 60—65 hari. Biji yang dihasilkan relatif besar sekitar 6,7 gram/100 biji dan warna bijinya hijau mengilat. Tanaman kacang hijau kenari agak tahan terhadap penyakit bercak daun dan toleran terhadap penyakit karat daun.

Varietas perkutut

Kacang hijau perkutut dapat menghasilkan biji kacang sebanyak 1,7 ton/hektare dengan umur panen lebih cepat dari kenari sekitar 10 hari. Ukuran biji termasuk sedang berbobot 5,0 gram/100 biji dan berwarna hijau mengilat. Tanaman kacang hijau perkutut tahan terhadap penyakit embun tepung dan agak tahan terhadap bercak daun.

Varietas sampeong

Kacang hijau sampeong dapat menghasilkan biji kacang sebanyak 1,8 ton/hektare dengan umur panen yang lebih lama dari kenari dan perkutut, yakni 70—75 hari. Biji yang dihasilkan sangat kecil berbobot 2,4—3,0 gram/100 biji dan berwarna hijau mengilat. Tanaman kacang hijau sampeong tahan terhadap embun tepung dan bercak daun. Varietas sampeong lebih sesuai untuk kecambah.

Varietas kutilang

Kacang hijau kutilang dapat menghasilkan biji kacang sebanyak 2,0 ton/hektare dengan umur panen 60—67 hari. Biji yang dihasilkan relatif besar berbobot 6,0 gram/100 biji dan berwarna hijau mengilat. Kacang hijau kutilang tahan terhadap penyakit embun tepung.

Baca Juga:  Balitkabi Kembangkan Varietas Kedelai untuk Memulihkan Ekonomi Petani Kedelai

Varietas sriti

Kacang hijau sriti dapat menghasilkan biji kacang sebanyak 1,9 ton/hektare dengan umur panen 60—65 hari. Biji yang dihasilkan berwarna kusam dan berukuran besar berbobot 6,0—6,5 gram/100 biji. Kacang hijau sriti terbilang toleran penyakit embun tepung dan bercak daun.

Varietas murai

Kacang hijau murai dapat menghasilkan biji kacang sebanyak 1,7 ton/hektare dengan umur panen 63 hari. Biji yang dihasilkan berwarna hijau kusam dan berukuran besar berbobot 6,0 gram/100 biji. Kacang hijau murai tahan terhadap serangan penyakit bercak daun.