Mengenal Varietas Unggul Lengkeng


Pertanianku – Di Temanggung, ada tiga kultivar lengkeng yang dibudidayakan oleh petani yakni batu, kopyor, dan lumut. Lengkeng yang berdaging tebal adalah lengkeng batu.

kelengkeng 3

Di Kalimantan Timur, Serawak, dan Sumatera Utara masih ada jenis lengkeng yang sebenarnya lebih mirip dengan leci yang disebut isau (berkulit hijau kekuningan) dan kakus (berkulit cokelat). Kedua jenis lengkeng ini tergolong mata kucing (Euphoria malaiensis) yang berdaging agak tebal dan berkulit kasar. Diduga lengkeng jenis tersebut mempunyai prospek pasar yang baik bila dikembangkan di daerah argroklimat yang sama dengan daerah Temanggung dan Magelang. Di Yogyakarta, telah dikembangkan lengkeng dataran rendah dengan baik. Varietas pingpong, diamond river, dan itoh merupakan lengkeng pendek dan berumur genjah.

Daging lengkeng enak dimakan segar dan dapat dibuat minuman dalam kaleng (canning). Bijinya mengandung saponin yang baik untuk sampo pencuci rambut. Daunnya biasa digunakan untuk obat tradisional terhadap penyakit dalam karena mengandung quercetin. Pohonnya dapat digunakan untuk kayu bakar seperti halnya pohon rambutan. Selain itu, tanaman lengkeng bermanfaat untuk taman, dan konservasi lahan yang curam. Lengkeng kurang baik untuk pelindung jalan karena daunnya mudah gugur.

 

Sumber: Buku Berkebun 26 Jenis Tanaman Buah

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji