Wajib Coba! Bunga Dandelion Ternyata Ampuh Atasi Diabetes

Pertanianku — Apakah masih ada yang belum tahu bunga dandelion? Bunga ini seringkali dijumpai tumbuh di tanah-tanah kosong dan dianggap sebagai tanaman liar. Kelopak bunga ini sangat mudah terbang bahkan hanya dengan sekali tiup. Dandelion seringkali muncul di drama-drama romantis menjadi sesuatu yang membuat latar terkesan indah dan romantis.

bunga dandelion
Foto: Pixabay

Nah, meskipun lebih sering digunakan untuk bermain anak-anak, bunga dandelion ini ternyata juga sudah dikenal luas oleh banyak orang karena khasiatnya yang menakjubkan. Bunga berwarna putih ini sudah lama masuk dalam daftar tanaman obat. Khasiat dandelion yang paling terkenal adalah sebagai obat herbal mengatasi diabetes.

Situs livestrong.com menyebutkan bahwa bagian dari bunga dandelion yang dapat digunakan sebagai obat diabetes adalah akar dan daunnya. Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan kepada tikus yang telah disuntik penyakit diabetes dan ditemukan bahwa kadar gula pada tubuh si tikus berhasil diturunkan dengan pemberian ekstrak dandelion.

Loading...

Ada yang perlu Anda perhatikan ketika mengonsumsi ekstrak akar dan daun bunga dandelion ini, yaitu beberapa efek samping yang dapat terjadi. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat mengkonsumsi dandelion antara lain perut terasa mulas dan terjadi iritasi pada kulit.

Selain itu, ekstrak bunga dandelion juga dapat bereaksi dengan beberapa zat antibiotik. Jadi, jika Anda atau anggota keluarga lain ingin mengonsumsi ekstrak bunga dandelion, pastikan sedang tidak mengonsumsi obat-obatan medis seperti antibiotik, lithium, dan antasida.

Baca Juga:  Bonggol Pisang Punya Efek Antikanker
Loading...
Loading...