Wajib Perhatikan 3 Persyaratan Ini Sebelum Budidaya Ikan Nila


Pertanianku — Persiapan teknis mempunyai peran penting dalam menunjang keberhasilan budidaya ikan nila. Dengan persiapan yang baik, risiko kegagalan pun akan semakin kecil.

budidaya ikan nila
Foto: Google Image

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam persiapan teknis adalah mengetahui persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh pembudidaya dalam memelihara ikan agar target pemeliharaan ikan nila ukuran 500 gram ke atas dapat dicapai. Berikut ini 3 persyaratan yang perlu Anda penuhi.

  1. Lokasi

Lokasi sangat penting karena aspek tersebut merupakan investasi pertama Anda. Lokasi harus terjamin ketersediaan airnya dan keamanannya, sebaiknya lokasi berada di zona atau daerah yang memang untuk perikanan.

  1. Air

Ketersediaan air yang terjamin kualitasnya juga sangat diperlukan. Jika hal ini tidak dapat dipenuhi, pembudidaya memerlukan upaya yang lebih banyak untuk pengadaan media air sehingga akan lebih membebani biaya produksi dalam usahanya. Parameter kualitas air yang menentukan budidaya nila antara lain kandungan oksigen > 3 ppm, kadar nitrit <0,5 ppm, pH di atas 6—8, dan temperatur air berkisar antara 26—30°C.

  1. Benih

Setelah lokasi dan air, persyaratan ketiga yang harus dipenuhi ialah kualitas benih yang digunakan diharapkan mempunyai laju pertumbuhan harian antara 2—5 gram per hari. Oleh karena itu, diperlukan jenis-jenis ikan nila unggul yang dihasilkan dari program pemuliaan yang mempunyai target pada ikan nila dengan ukuran di atas 500 gram.

Jika hanya menggunakan ikan nila hasil pemuliaan dengan spesifikasi pasar lokal dengan ukuran 200—300 gram, dikhawatirkan dalam pengembangannya, setelah ukuran tersebut, pertumbuhan harian ikan nila menjadi lambat. Dengan demikian, akan diperlukan waktu yang lebih lama untuk mencapai ukuran di atas 500 gram per ekor.

 

Baca Juga:  Daging Ikan Wajib Segera Diolah, Ini Alasannya!