Wajib Tahu! Ini Syarat Tumbuh Tanaman Tebu


Pertanianku — Budidaya tanaman tebu sudah bukan lagi kegiatan yang dilakukan oleh PTPN saja. Sebab, sudah banyak perusahaan atau petani yang membudidayakannya. Namun, sebelum membudidayakannya, Anda perlu mengetahui syarat tumbuh tanaman tebu terlebih dahulu.

syarat tumbuh tanaman tebu
Foto: Pixabay

Untuk melakukan budidaya tanaman tebu, kita harus mengetahui beberapa syarat yang dibutuhkan oleh tanaman tebu agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Umumnya, tanaman tebu akan tumbuh dan berkembang dengan baik pada daerah yang memiliki iklim tropis hingga subtropics, yaitu di sekitar garis khatulistiwa sampai garis isotherm.

Tanaman tebu dapat ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi, yaitu sekitar 100—1.000 m dpl. Tanaman ini banyak dibudidayakan di dataran rendah yang memiliki musim kering lebih banyak daripada musim hujan. Sementara, pada dataran tinggi yang memiliki suhu udara rendah perkembangannya akan sedikit lambat dan memiliki kualitas rendah daripada yang dibudidayakan di dataran rendah.

Di Indonesia, batas maksimal ketinggian untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik adalah 600—700 m dpl. Akan tetapi, ada pula yang membudidayakan di atas ketinggian tersebut sehingga siklus pertumbuhannya semakin lama, yaitu sekitar 14—18 bulan.

Suhu terbaik untuk perkecambahan tanaman tebu adalah 26 – 30°C pada siang hari, sedangkan pada malam hari harus di bawah 18°C agar pembentukan kandungan sukrosa pada tebu semakin tinggi.

Curah hujan yang diperlukan tanaman tebu agar dapat tumbuh dengan baik adalah sekitar 1.700—2.500 mm per tahun. Jika curah hujan di bawah 1.700 mm per tahun, diperlukan aliran irigasi yang baik.

Tanaman tebu memerlukan kesuburan, sifat tanah yang baik, dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Meski dapat tumbuh dengan baik, tanaman tebu akan tumbuh maksimal pada tanah yang gembur. Selain itu, lahan harus memiliki aliran irigasi yang baik, memiliki pH antara 5—8, memiliki kandungan nutrisi dan senyawa organik lainnya dalam jumlah banyak, hingga memiliki kemampuan menahan air yang baik.

Baca Juga:  Kupas Tuntas Pohon Aren yang Serba Guna

Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sebenarnya tanaman tebu lebih baik ditanam di tanah lempung liat dengan solum, tanah lempung berpasir, dan tanah lempung berdebu. Sementara, pada tanah yang berat atau keras, juga dapat ditanami oleh tanaman tebu. Tetapi, agar dapat ditanami harus memerlukan pengolahan terlebih dahulu agar tanah tersebut menjadi gembur.