Waktu dan Cara Tanam Tanaman Tomat

Pertanianku – Penentuan waktu tanam didasarkan pada musim dan kebutuhan pasar (permintaan konsumen). Pada saat hari besar keagamaan, seperti lebaran dan natal, permintaan tomat lebih tinggi daripada hari biasa. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret—April). Untuk memperoleh harga tomat yang tinggi, bisa juga dilakukan penanaman bulan Oktober dan panen pada bulan Desember, walaupun risiko gagal panen lebih tinggi.

Waktu dan Cara Tanam Tanaman Tomat

Bibit dicelupkan dulu ke dalam larutan bakterisida + fungisida (1 : 1) dengan dosis ½ dari dosis anjuran sebelum tanam. Bibit dicabut dengan hati-hati dari tray semai yang media semainya cukup kering. Jika bibit disemai di polibag, polibag berisi bibit dibalikkan dengan pangkal batang bibit dijepit oleh jari telunjuk dan jari tengah.

Bagian dasar polibag ditepuk secara perlahan dan hati-hati agar bibit keluar bersama akar dan medianya. Media tanam diusahakan tidak terbongkar untuk mencegah kerusakan akar. Lubang tanam disiram terlebih dahulu sebelum penanaman. Untuk membuat lubang tanam, digunakan tugal sedalam 10 cm. Bibit ditanam di lubang dan tanah dipadatkan dengan ujung jari.

Untuk mencegah serangan hama, lubang tanam diberi insektisida Furadan 3G secukupnya. Waktu pindah tanam sebaiknya pagi hari sebelum jam 09.00 atau sore hari setelah jam 15.30 untuk menghindari tanaman stres. Penanaman pada siang hari harus dihindari untuk menghindari bibit stres.

 

 

Sumber: Buku Bertanam Tomat di musim hujan

 

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi Kacang Merah

loading...