Waktu Pemupukan yang Tepat

Pertanianku — Selain dilakukan dengan dosis yang tepat, waktu pemupukan juga harus tepat. Biasanya pupuk diberikan pada tanaman sayur dan buah pada pagi hari sekitar 08.00—10.00 atau pada sore hari pukul 15.00—17.00.

waktu pemupukan
foto: pertanianku

Pemupukan dasar tanaman yang berupa pupuk organik dilakukan pada 3—7 hari sebelum penanaman dilakukan. Selanjutnya, pemupukan anorganik tanaman juga perlu dilakukan dan harus rutin dilakukan setiap 20 hari sekali sejak masa tanam dimulai

Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada saat intensitas cahya matahri tidak terlalui terik sehingga pupuk tidak cepat menguap. Waktu pemupukan yang tepat untuk pupuk daun dilakukan saat stomata daun sedang terbuka sehingga pupuk akan cepat terserap oleh daun.

Pupuk daun diberikan setiap 10 hari. Tanaman yang habis diberikan pupuk melalui daun biasanya akan muncul tunas baru. Saat tunas baru sudah muncul, pemupukan lewat daun dapat dihentikan sementara karena tunas muda sangat sensitif dengan pupuk, terlebih jika pupuk yang diberikan memiliki dosis tinggi.

Ketika tunas yang muncul sudah berubah menjadi ranting, pempukan dapat dilanjutkan. Agar pupuk dapat diserap secara sempurna, jangan lakukan pemupukan pada beberapa waktu berikut.

Pada malam hari

Saat malam hari stomata daun akan tertutup sehingga pupuk yang disemprotkan ke daun tidak akan terserap sempurna oleh daun. Oleh karena itu, lebih banyak cairan pupuk terbuang ketimbang terserap.

Saat intensitas cahaya matahari sedang terik

Pemupukan sangat tidak disarankan saat siang hari karena intensitas matahari sedang sangat terik. Pupuk yang terkena intensitas cahaya yang terlalu terik akan cepat menguap dan pupuk tidak akan terserap ke tanaman, hanya menempel pada permukaan daun. Pupuk yang tertinggal di daun akan menyerap air dari dalam daun. Akhirnya, muncul efek terbakar pada daun. Pinggiran daun layu dan tanaman akan mati.

Baca Juga:  Cara Menanam Bibit Markisa yang Benar

Menjelang hujan

Pupuk yang baru diberikan lalu terkena guyuran air hujan akan cepat luruh bersamaan dengan air hujan sebelum pupuk itu terserap secara sempurna oleh daun. Hal ini menyebabkan pemupukan menjadi sia-sia


loading...