Waktu yang Tepat Minum Kopi untuk Mendapatkan Suntikan Energi

Pertanianku — Banyak orang meminum kopi di pagi hari untuk mendapatkan suntikan energi. Mereka percaya, waktu yang tepat minum kopi adalah sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Benarkah anggapan tersebut?

waktu yang tepat minum kopi
Foto: Pixabay

Jake Knapp dan John Zeratsky, dua mantan desainer teknologi Google, meneliti waktu yang tepat minum kopi untuk memaksimalkan sumber energi yang didapat dari kopi. Keduanya menemukan fakta bahwa minum kopi di pagi hari seperti kebiasaan orang-orang tidak berdampak optimal. Justru, pada pukul 09.30 adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi kopi pertama kali.

“Kafein adalah hal yang sangat kuat dan karena itulah kafein punya efek langsung pada level energi Anda. Jadi, Anda sebaiknya minum itu dengan tujuan tertentu dibandingkan dengan autopilot (karena kebiasaan),” tutur Knapp dan Zeratsky dalam buku mereka yang berjudul Make Time: How to Focus on What Matters Every Day, seperti dikutip dari The Daily Meal.

Keduanya juga menambahkan bahwa peminum kopi akan segera meneguk cangkir kedua tanpa perlu menunggu benar-benar lelah.

“Ini yang tricky tentang kafein, jika Anda menunggu minum kopi sampai Anda merasa lelah, itu sudah sangat terlambat,” katanya.

Mereka menyarankan untuk segera minum kopi 30 menit sejak ada tanda-tanda lelah. Mereka juga merekomendasikan untuk meminum cangkir kopi kedua beberapa saat sebelum makan siang. Ketika itu, level energi sudah mulai turun.

Sementara, pada siang hari Knapp dan Zeratsky menyarankan lebih baik orang-orang meminum teh hijau dan espresso untuk menurunkan kadar kafein.

Baca Juga:  5 Keuntungan Mengonsumsi Ikan Setiap Hari
Loading...